Kelola 19 Pasar, Tapi Aneh Setor ke Kab Tangerang Hanya 400 Juta Setahun

Kelola 19 Pasar, Tapi Aneh Setor ke Kab Tangerang Hanya 400 Juta Setahun

Detakbanten.com, TANGERANG -- Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang, Slamet Budi Mulyanto menyebut bahwa retribusi dari 19 pasar yang dikelola oleh Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja hanya 400 juta rupiah pertahun.

Padahal menurut Slamet Budi, jika dilihat dari potensi retribusi, seharusnya pendapatan retribusi dari 19 pasar yang di kelola Pemerintahan Kabupaten Tangerang bisa mencapai 3 miliar rupiah pertahun.

“Setiap tahun targetnya hanya Rp 400 juta, dari 19 pasar yang dikelola Perumda Pasar NKR di Kabupaten Tangerang,” ungkap Slamet Budi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (14/9/2022).

Dikatakan Slamet Budi, target Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini masih di bawah dari potensi yang ada, dan akan menjadi bahan evaluasi.

"Kita sudah membahas hal tersebut bersama organisasi perangkat daerah yang mengelola retribusi," ujarnya.

Pihaknya sudah menggandeng tim independen dari salah satu perguruan tinggi untuk melakukan pendataan potensi yang ada di pasar. Apakah layak menargetkan Rp 400 juta setahun dengan jumlah 19 pasar, atau memang terlalu minim.

“Kami juga sudah sudah meminta tim dari independen untuk melakukan pendataan terhadap potensi yang memang ada di Kabupaten Tangerang. Misalnya pasar, jadi kita gali sebetulnya potensinya itu berapa, dengan target Rp 400 juta ini terlalu kecil atau memang wajar," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Operasional Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang Ashari Asmat mengaku belum mengetahui secara pasti terkait adanya dugaan pungutan Kebersihan senilai 5000 rupiah di pasar Curug Kabupaten Tangerang Banten.

Direktur Operasional Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang Ashari Asmat akan melakukan cross check ihwal hal tersebut.

"Nanti akan saya cek dulu kebenaran pungutan pungutan itu, namun berdasarkan informasi yang saya dapatkan itu bervariatif," ungkap Ashari Asmat melalui telepon selulernya, Senin (12/9/2022). (Day/Han).

 

 

Go to top