Stok Darah di PMI Tangsel Aman, Begini Strateginya

Kepala UDD PMI Tangsel, Suhara Manullang Kepala UDD PMI Tangsel, Suhara Manullang

detakbanten.com, TANGSEL - Kebutuhan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang Selatan saat ini terbilang aman.

Kepala Unit Donor Darah PMI Tangsel, Suhara Manullang mengatakan terkait stok donor darah di Tangsel mencapai angka 2500 kantong perbulan.

"Tangsel sendiri ada dua ribu sampai dua ribu lima ratus kantong darah per bulan, lima puluh sampai seratus kantong darah per hari," katanya saat ditemui wartawan detakbanten.com di Rumah Lawan Covid (RLC), Rabu (6/4/2022).

Dirinya menuturkan, menggunakan beberapa strategi yang dilakukan agar stock kantong darah di PMI tetap aman sejauh ini.

"Strategi pertama adalah sosialisasi untuk datang ke PMI, sehari sudah di atas empat puluh sampai lima puluh orang. Kemudian, kita ada mobile unit yaitu komunitas yang mau donor", ujarnya.

Sementara, dijelaskannya ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi saat mendonorkan darah. Seperti sudah dewasa, minimal 17 tahun, berat badan 45 kg, hemoglobin (HB) tidak boleh lebih dari 12 1/2 persen dan tekanan darah tidak boleh di bawah 90 dan tidak lebih 140.

Serta diharapkan tidak makan dalam waktu kurang lebih tiga jam sebelum melakukan donor darah.

"Biasanya kita harapkan tiga jam sebelum donor itu jangan makan, khawatir makan yang berlemak, lemak akan terserap dan masuk ke darah. Darah yang lemaknya terlalu tinggi tidak baik. Yang donorpun harus sehat." tandasnya. (Raf/Syl)

Go to top