PWI-DPRD Tangsel Siap Bersinergi Membangun Tangsel

PWI-DPRD Tangsel Siap Bersinergi Membangun Tangsel

detakbanten.com SETU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangerang Selatan periode 2020-2023 akan menjalin kerja sama dengan DPRD Kota Tangerang Selatan.

Kerja sama itu dibangun sebagai bentuk kolaborasi untuk sama-sama melaksanakan pembangunan Kota Tangerang Selatan. Kerja sama secara kelembagaan itu, nantinya akan dituangkan dalam penandatanganan perjanian atau MoU kedua belah pihak dalam waktu dekat.

Ketua PWI Kota Tangerang Selatan Ahmad Eko Nursanto mengatakan, kerja sama tersebut dibangun untuk mewujudkan peran organisasi pers resmi dalam melakukan kontrol sosial dan pembangunan daerah.

"Kerjasama yang akan dibangun yakni membangun kemitraan dan kolaborasi yang elegan antar kedua lembaga. Karena baik pers maupun legislatif mempunyai peran yang sama sebagai pilar pembangunan daerah dan demokrasi," katanya usai berkunjung ke DPRD Tangsel, Senin (1/3/2021).

Eko menerangkan, pihaknya mengapresiasi para pimpinan DPRD Tangsel saat ini memiliki semangat menjalin kemitraan dengan insan pers.

"Sesuai fungsinya, pers memiliki peran sebagai kontrol sosial terutama di pemerintahan. Kita siap mengkritisi terhadap kebijakan eksekutif dan legislatif dalam bentuk publikasi," ujarnya.

Ketua PWI Tangsel berharap, pertemuan ini tidak hanya sekadar retorika, tapi juga diwujudkan dengan kerja nyata.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan Abdul Rasyid mengapresiasi adanya kunjungan dan wacana kerja sama kolaborasi pembangunan daerah tersebut.

Menurutnya, kerja sama antara PWI dengan DPRD Tangsel itu sebagai bentuk kolaborasi terutama publikasi soal pembangunan di Kota Tangsel.

"Berkaitan dengan kerja sama kolaborasi ke depan, saya kira memang kita punya kepentingan secara langsung dengan teman-teman wartawan. Terutama berkaitan dengan publikasi apa yang sedang dan telah dikerjakan oleh teman-teman DPRD Tangsel," ungkap Ketua DPRD Kota Tangsel.

Bang Ocil. sapaan Ketua Dewan ini menambahkan, kesepahaman yang akan dibangun ini merupakan bagian kolaborasi yang baik. Karena, lanjut Politisi Partai Golkar, publikasi suatu bentuk keterbukaan informasi segala bentuk kinerja DPRD," papar Abdul Rasyid.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua I DPRD Tangsel Iwan Rahayu mengatakan, pihaknya mendukung kerja sama kolaborasi tersebut.

"Kita suport dan kita dukung. Kolaborasi antara Pemkot, DPRD dan PWI ini kita bangun. Sudah saatnya, PWI saat ini luar biasa. Ada sesuatu hal di periode ini, marwahnya PWI sebagai organisasi pers resmi Dewan Pers harus kelihatan," katanya.

Selain Iwan, hal senada diungkapkan Wakil Ketua III DPRD Tangsel, Mustopa. Dia berharap, dengan kolaborasi tersebut, hasil kerja para anggota legislatif dapat diketahui masyarakat secara luas.

"Dengan adanya pers, kami sebagai anggota DPRD pun tertolong. Kalau nggak ada pers, kita sosialisasi kemana. Kita bangun Tangsel bersama-sama dengan kemitraan dan kolaborasi antar lembaga," pungkasnya.

Go to top