Imlek di Tangsel Kali Ini Tak Turun Hujan, Vihara Boen Hay Bio Serpong Jelaskan Begini

Imlek di Tangsel Kali Ini Tak Turun Hujan, Vihara Boen Hay Bio Serpong Jelaskan Begini

Detakbanten.com, TANGSEL- Suasana berbeda nampak pada perayaan Imlek tahun 2020 ini. Selain dirayakan sangat sederhana lantaran Kota Tangael masih pandemi Covid, cuaca yang biasanya menimbulkan turun hujan, kini tak terjadi di Kota Tangsel.

Hal itu berbeda dengan perayaan Imlek yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Dimana, siraman air hujan dari langit kerap mewarnai perayaan Imlek itu sendiri.

Menanggapi hal itu, Ketua Vihara Boen Hay Bio Serpong, Tatang Yong Pendi mengatakan, cuaca pada perayaan Imlek di tahun Kerbau Logam ini, tergantung pada Hari Raya Onde yang digelar 45 hari sebelum tahun baru Imlek.

"Kalau hari raya onde atau hari raya sembayang tang ce nya hujan, biasanya hari raya Imleknya panas.Begitu sebaliknya, jadi kita lihat di hari raya Ondenya aja, jadi ngga ada pertanda apa apa," ungkap Tatang ditemui Detakbanten.com di vihara Boen Hay Bio, Serpong, Jumat (12/2/2021).

Tatang juga menjelaskan soal perayaan Imlek di vihara Boen Hay Bio Serpong, pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat kepada para jemaat. Kondisi yang jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Sangat ketat sekali kepada umat, jadi perayaan kali ini, memang sangat berbeda," ujarnya.

Disebutkan Tatang, disekitar vihara Boen Hay Bio dan pintu masuk vihara jelang dan saat perayaan Imlek, pihaknya telah menyediakan tempat cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun.

"Ada petugas yang akan memeriksa suhu badan umat yang akan bersembahyang di vihara ini," jelasnya.

Begitupun dengan alat pelindung diri (APD) lain seperti masker, Tatang melanjutkan bahwa pihak vihara telah menyiapkan masker untuk jemaat yang tidak mengenakan masker.

"Yang tidak membawa masker, kita sediakan masker, jadi memang ditengah Pandemi ini, kita harus beradaptasi," tandasnya. (Raf)

Go to top