Rawan Penyebaran Virus Corona, BPBD Semprotkan Disinfektan Di Pasar

Rawan Penyebaran Virus Corona, BPBD Semprotkan Disinfektan Di Pasar

detakbanten.com TIGARAKSA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang melakukan penyemprotan disinfektan pada pasar tradisional yakni pasar Gudang Kecamatan Tigaraksa dan Pasar Moderen Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, pada hari Senin (23/3/2020).

Penyemprotan disinfektan di pasar Gudang Tigaraksa dan Pasar Moderen Kelapa Dua tersebut dalam rangka pencegahan virus corona yang lebih masif di titik keramaian masyarakat salah satunya pasar tradisional dan tempat umum lainnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang Bambang Sapto mengatakan pada hari ini pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan di dua pasar yang bersamaan waktunya pasar Tigaraksa dan Kelapa Dua.

Masih kata Banbang Sapto menjelaskan bagwa penyemprotan disinfektan juga dilakukan di tempat-tempat umum seperti pasar, swalayan, toko, gedung gedung perkantoran, sekolah dan area umum lainnya sebagai antisipasi penyebaran virus Corona.

"Kami berupaya untuk mencegah terjadi penularan yang lebih luas dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Kabupaten Tangerang, karena itu kami melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik keramaian serta perumahan/pemukiman yang diindikasi ada yang terpapar Covid," katanya.

Lanjut Bambang, penyemprotan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebarluasan Covid 19 di wilayah kabupaten Tangerang khususnya di tempat-tempat keramaian seperti pasar gedung perkantoran dan lainnya, dan pihaknya tidak bekerja sendiri, BPBD di bantu dengan PMI dalam melakukan penyemprotan terutama yang skala kecil (hanya menggunakan alat semprot kecil).

Ditambahkan Kosrudin selaku Kabid Kedaruratan BPBD kabupaten Tangerang, mengungkapkan, bahwa Kegiatan hari ini Senin tanggal 23 Maret 2020, BPBD melaksanakan 2 penyemprotan pertama di Pasar Kelapa Dua dan kedua Pasar Tigaraksa,

Dilanjutkan Kosrudin target penyemprotan khusus pasar itu sehari 2 pasar. Jumlah pasar sekitar 20 yang ada di Kabupaten Tangerang. Penyemprotan akan dilaksanakan secara serentak dalam waktu 1 atau 2 minggu yang akan darang

"Kami lakukan penyemprotan diarea yang paling banyak dikunjungi orang seperti pasar sehingga tadi kami sampaikan bahwa penyemprotannya di pasar, tempat-tempat umum yang lain seperti Terminal, tempat ibadah,sekolahan untuk memutus penyebaran Corona," Ungkap Kosrudin.

Ia punberharap kepada masyaratak, yang terbaik itu bukan penyemprotannya tetapi semua tinggal di rumah kalau tidak sangat penting untuk keluar rumah, percuma saja dilakukan penyemprotan disinfektan kalau memang masyarakatnya tidak memiliki kesadaran untuk tinggal di rumah.

"Untuk sementara ini masyarakat harus patuh untuk tetap dirumah, bahkan tinggal di rumah itu sampai tanggal 29 Mei yang akan datang, jadi supaya semua aman dan bisa terkendali," Tutup Kosrudin.

Go to top