Items filtered by date: Thursday, 04 April 2024

Detakbanten.com, JAKARTA - Rapat Kerja antara Komisi X DPR RI dengan Mendikbudristek menyoroti penanganan kasus mahasiswa Indonesia sebagai korban Tindak Pidana Perdagangan orang (TPPO) lewat program ferienjob di Jerman. Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menekankan perlunya keterlibatan aktif Kemendikbud mengatasi kasus ini. "Kami ingin Kemendikbud tidak lepas tangan," kata Huda di Jakarta, Kamis (4/4/2024), dalam keterangan resmi.

Ia menyebut, jika dilihat dari awal, KBRI mengirim surat sejak Mei terkait potensi masalah program itu. Tapi, Kemendikbud baru merespons pada Oktober. “Kalau kita lihat dari sejak awal kronologinya, kedutaan di Berlin, kedutaan KBRI kita di Berlin, sudah berkirim surat sejak Mei yang menyatakan bahwa akan ada potensi masalah terkait program ini baru direspon oleh Kemendikbud bulan Oktober," ujarnya.

Huda mengatakan tidak setuju jika Kemendikbud hanya sekadar mempersilakan proses berjalan. Dia meminta Kemendikbud mengambil peran lebih pro aktif. "Saya ingin Kemendikbud mengambil peran yang lebih proaktif memastikan itu tidak boleh terjadi lagi dan kalo toh memang ada korban kebetulan korban adalah sivitas akademik ada profesor, saya kira semestinya kemendikbud terlibat," sahutnya.

Sebelumnya, Kemendikbudristek menjelaskan soal ramai mahasiswa RI menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) bermodus ferienjob di Jerman. Kemendikbudristek memastikan ferienjob tersebut di luar program magang Kampus Merdeka.

"Ferienjob memang program yang legal yang diselenggarakan di Jerman, namun ferienjob bukan merupakan bagian dari MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)," kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati.

Kiki menjelaskan perbedaan mencolok program Magang Merdeka dengan ferienjob. Salah satunya, ferienjob menekankan pekerjaan fisik, sedangkan MBKM mengutamakan peningkatan kompetensi mahasiswa.

Published inNasional

Detakbanten.com, JAKARTA - Sandra Dewi akhirnya muncul setelah sang suami, Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi PT. Timah. Kemunculannya itu terkait dengan panggilan dari Kejaksaan Agung sebagai saksi atas kasus tersebut. Sandra diperiksa sebagai saksi dari kasus yang menyeret suaminya. Ia tiba di gedung Kejagung RI sejak pukul 09.30 WIB dengan didampingi dua kuasa hukumnya.

Published inNasional

detakbanten.com SUMUT -- Kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Sumut) tahun 2020 sebesar Rp24 miliar mulai disidangkan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (4/4).

Published inSumatera

detakbanten.com TANGERANG - Seorang pria bernama Prasetya Cahya Sriyanto usia 33 tahun warga Taman Cikande Blok B 10/21 RT 04 RW 01 Desa Cikande Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang Banten ditemukan tewas gantung diri.

Published inKabupaten Tangerang

detakbanten.com Tangerang,-- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pj Bupati Tangerang Andi Ony melakukan monitoring harga dan ketersediaan bahan pokok ke pasar-pasar.

Published inKabupaten Tangerang

Detakbanten.com TANGERANG - Ribuan warga Kabupaten Tangerang diberangkatkan secara simbolis oleh Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihratono dalam program mudik gratis idul Fitri tahun 2024, para pemudik berkumpul di Area Puspemkab Tangerang, Kamis (04/04/24) pagi.

Published inKabupaten Tangerang

detakbanten.com Asahan (Sumut) - Kakan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Asahan turun langsung memonitoring kegiatan meningkatkan sosialisasi sertifikat halal kepada pelaku usaha mikro kecil (UMK) di Kabupaten Asahan, Kamis (4/4/2024) di Pasar Tradisional Jalan Diponegoro, Kisaran, Asahan, Sumatera Utara.

Published inSumatera

 

 

Go to top