Gara-Gara "Gue Sahabat Saras", ASN Kecamatan Ciputat Dilaporkan Ke Bawaslu

ilustrasi ilustrasi

detakbanten.com, TANGSEL - Salah satu aparatur sipil negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangsel, Minggu (4/9/2020).

Pelaporan tersebut terkait kegiatan deklarasi yang dibalut dengan acara gerak jalan di Rawa Lele, Jombang, Ciputat, pada Minggu (27/9/2020) lalu. Acara itu dilakukan oleh tim pemenangan Paslon nomor urut 1 Muhamad-Rahayu Saraswati.

Pria yang diketahui bernama Wandi, itu dilaporkan atas dugaan ikut serta melakukan aktivitas kampanye tim pemenangan Paslon nomor urut 1 Muhamad-Rahayu Saraswati.

Staf yang bertugas sebagai pelaksana sub bagian umum dan kepegawaian Kecamatan Ciputat tersebut diketahui mengenakan kaos bertuliskan "Gue Sahabat Saras" saat mengikuti acara tersebut.

Sementara, Aji salah satu pelapor kepada wartawan mengaku peloporan tersebut atas nama aliansi mahasiswa. Menurut Aji, pihak langsung mengkaji temuan tersebut sebelum dilaporkan ke Bawaslu.

"Kita dari aliansi mahasiswa dan pemuda sadar Pilkada Tangsel, melaporkan adanya salah satu bentuk dugaan keterlibatan ASN di Kecamatan Ciputat dalam kampanye dan deklarasi di daerah Jombang, dari pihak paslon 01,"terang Aji.

Meski begitu, Aji mengaku pihaknya baru sekedar laporan dengan membawa barang bukti sebuah rekaman video. Dengan masuknya laporan tersebut, pihaknya berharap untuk segera dipanggi Bawaslu untuk memberikan keterangan.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Tangsel, Ahmad Jazuli membenarkan terkait adanya laporan soal ASN. Kata Jazuli, pelaporan itu terkait kegiatan Paslon nomor urut 1.

"Benar, tadi divisi penanganan pelanggaran telah menerima laporan dari masyarakat aliansi pemuda peduli Pilkada. Laporannya tentang netralitas ASN," ungkap Ahmad Jazuli.

Dengan demikian, Jazuli menegaskan pihaknya memberikan waktu dua hari untuk melakukan penelitian administrasi syarat formil materi terkait pelaporan yang dilakukan aliansi mahasiswa dan pemuda peduli Pilkada Tangsel.

Go to top