Belum Sebulan Menjabat, Ratusan Pegawai Honorer di Pondok Aren Kena 'Cambuk' Pak Camat

Camat Pondok Aren, Hendra saat sertijab dengan mantan camat Makum Sagita. (Foto. Dok). Camat Pondok Aren, Hendra saat sertijab dengan mantan camat Makum Sagita. (Foto. Dok).

detakbanten.com, TANGSEL - Hanya hitungan hari di lantik sebagai orang nomor 1 di Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel, Camat Hendra langsung menata ulang semua pegawai honorer yang bertugas di Kecamatan Pondok Aren.

Bahkan, tata ulang ala Camat Hendra juga berimbas ke pegawai-pegawai yang sudah belasan tahun bertugas di 11 kelurahan se Pondok Aren. Setidaknya ada ratusan pegawai honorer di rotasi atau pindah tempat dari satu kelurahan ke kelurahan lainnya.

Menurut Camat Hendra, rotasi besar-besaran terhadap pegawai honorer kecamatan hingga kelurahan-kelurahan tersebut, merupakan hasil evaluasi yang dilakukan pasca dirinya menjabat camat. Rotasi dilakukan agar para pegawai bisa beradaftasi di lingkungan baru tempat mereka bertugas.

"Rotasi memang suatu hal yang harus dilakukan untuk evaluasi kerja. Agar pegawai ini bisa beradaftasi dengan lingkungan baru," kata Camat Hendra di Pondok Aren, Kamis (27/1/2022).

Mengacu pada rotasi-rotasi yang biasa terjadi pada OPD-OPD di lingkup Pemkot Tangsel, pegawai yang mengalami rotasi dengan pindah ke kantor barunya, maka secara wawasan ke ilmuan yang di miliki pegawai akan semakin meningkat.

"Yang jelas, dengan adanya rotasi ini akan berdampak pada kinerja pegawai itu dalam menguasai semua sektor-sektor yang dia tempati. Jadi tidak menguasai satu bidang saja. Kan pada akhirnya buat mereka juga," ungkapnya.

Dari rotasi ini, Camat Hendra meyakini dapat menghasilkan pegawai yang memiliki mental mumpuni, dan memiliki berbagai kemampuan dari berbagai aspek kerja. Apalagi, sesuai klausul sebelum penandatanganan perjanjian kontrak kerja, setiap pegawai harus siap di tempatkan dimana saja.

"Penandatanganan kontrak kerja baru itu kan setiap anggaran baru, saat ini sedang dalam proses penandatanganan surat keputusan (SK)," terangnya.

Camat Hendra sebutkan, rotasi pegawai honorer di Muspika Pondok Aren, dilakukan sejak beberapa hari lalu. Di banding dengan kecamatan-kecamatan lain di Tangsel, Kecamatan Pondok Aren menjadi kecamatan terakhir yang melakukan rotasi besar-besaran pegawai honorer.

"Kecamatan Pondok Aren yang terakhir melakukan rotasi pegawai honorer," ucapnya.

Rotasi besar-besaran pegawai honorer yang di lakukan Camat Hendra, rupanya menjadi cambuk semangat bagi pegawai yang bertugas di kantor-kelurahan. Hal itu terlihat dari Sidak dan evaluasi yang diam-diam di lakukan Camat Hendra di sejumlah kelurahan Kecamatan Pondok Aren.

"Hasilnya sudah mulai terlihat. Walau belum signifikan, mereka mulai menunjukan kinerjanya dengan baik. Siapa pun pegawai honornya, akan saya evaluasi," pungkasnya.

 

 

Go to top