Dinkes Sidak Pasar Lama : Awas, Makanan Berfomalin dan Boraks Beredar

Dinkes saat sidak ke Pasar Lama Dinkes saat sidak ke Pasar Lama

detakbanten.com Kota TANGERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Tangerang menyidak Pasar Lama jalan Kisamaun kota Tangerang, hal tersebut dilakukan untuk mencegah beredarnya makanan berfomalin dan mengandung boraks, terlebih di bulan suci Ramadhan.

Dalam sidak tersebut, Dinkes telah menemukan makanan positif mengandung formalin dan boraks di salah satu pedagang Soto mie Pasar Lama. Hasil tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan silang sampel makanan yang di uji dalam mobil laboratorium keliling Dinas Kesehatan Kota Tangerang kemarin sore.

Kepala seksi BPOM Dinkes Kota Tangerang Nina mengatakan, makanan yang mengandung zat berbahaya itu langsung di sita dari pedagang Soto Mie Pasar Lama, untuk mencegah dikonsumsi oleh para konsumen .

" Ya, hasil sidak tadi tim kita telah menemukan makanan yang mengandung
Formalin dan boraks di salah satu pedagang," jelas Nina saat sidak, Selasa (30/6/15).

Berdasarkan hasil penemuan tadi, kita akan segera menelusuri pabrik yang membuat makanan dengan kandungan zat kimia berbahan formalin dan boraks .

Namun demikian, dari salah satu pedagang makanan yang ditemukan positif menggunakan formalin dan boraks, para pedagang takjil yang telah disidak, makanan berbuka puasanya bebas dari formalin dan boraks maupun zat lainnya.

"Dari 16 item yang kita sidak tadi dari para penjual takjil, kita tidak menemukan bahan berbahaya didalam nya, namun demikian pihak Dinkes akan tetap melakukan sosialisasi terhadap para pedagang makanan agar bisa membedakan mana makanan yang berbahaya dan tidak" ujar Nina.

Go to top