Bulog Serang Jamin Stok Beras Aman

Bulog Serang Jamin Stok Beras Aman

detakserang.comSERANG - Pendistribusian beras miskin (raskin) untuk wilayah Serang terus berjalan, bahkan stok beras di bulog juga aman. Hal itu di ungkapkan oleh Kepala Bulog Sub Divisi Regional Wilayah Serang Guntur Muayad Bustomi, Selasa (23/9)

"Bulog jamin stok beras aman. Karena ada sekitar 10 ribu ton, baik untuk komoditi pasar maupun raskin. Keberadaan stok ini bisa mencukupi kebutuhan beras di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. Pendistribusian raskin untuk dua kota dan satu kabupaten sudah mencapai 87,3 persen," ujar Guntur

Dalam menyikapi kekeringan yang melanda di beberapa daerah, menurutnya, Bulog memiliki beberapa langkah untuk menanggulanginya. Di antaranya mengimpor beras dari Vietnam. Upaya ini untuk mengantisipasi akibat kekeringan. Menurut rencana, pihaknya akan impor beras dari Vietnam.

"Diperkirakan kalau nggak bulan depan, ya bulan ini. Untuk Banten, mungkin akan impor sekitar 60 ribu ton beras," tambahnya

Ia menjelaskan, alasan pengambilan langkah tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan dan perhitungan yang dilakukan pemerintah pusat. Kebijakan ini diambil karena menurut pemerintah pusat bila tidak melakukan impor, stok pangan dalam negeri bisa tergganggu.

Ia memperkirakan akan terjadi banjir di beberapa daerah pemasok padi awal 2014. Selain itu, juga tahun ini banyak terjadi kegagalan panen akibat hama. Di samping musim kemarau yang berkepanjangan. Hal seperti itu berimbas pada produksi beras nasional.

Go to top