Penerapan Hidup Bersih & Sehat serta Doa Sehari-hari

Penerapan Hidup Bersih & Sehat serta Doa Sehari-hari

Detakbanten.com, Pamulang - Sebagai wujud nyata dalam memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat, maka dari itu mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Akuntansi S1 telah melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Kamis (19/05)

Kegiatan PKM dilakukan di Asrama Yatim & Dhua'fa Ishlahul Hayat, yang beranggotakan Dyna Octavia Suryono Putri, Alfina Nur Eka Damayanti, Lisna Kurniasih dan Herti Apriani serta diawasi oleh dosen pendamping yaitu Ibu Lioni Indrayani, S.E., M.M.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Penerapan Hidup Bersih Sehat serta Doa Sehari hari 2

Munculnya sebagian penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah, ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS. Pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Penanaman nilai-nilai PHBS di sekolah merupakan kebutuhan mutlak dan dapat dilakukan melalui pendekatan Usaha Kesehatan sekolah (UKS).

Oleh karena itu, pada kesempatan ini mahasiswa Universitas Pamulang mengajari para peserta untuk belajar bagaimana cara mencuci tangan yang benar, memakai masker apabila kondisi tubuh sedang tidak sehat, menjaga jarak jika berada dalam keramaian, dan memilah sampah baik yang bisa di daur ulang maupun tidak.

Penerapan Hidup Bersih Sehat serta Doa Sehari hari 1

Setelah rangkaian acara berakhir, mahasiswa berfoto bersama anak-anak yayasan kemudian memberikan hadiah dan cinderamata kepada Yayasan Yatim dan Dhuafa Ishlahul hayat sebagai tanda terima kasih yang telah menerima mereka dengan baik dan mengizinkan untuk mengajarkan ilmu yang dapat berikan kepada anak-anak disana.

“Kami selaku mahasiswa berharap para anak-anak asrama semakin semangat untuk hidup sehat, tadi juga ada sedikit kegiatan membaca doa-doa yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari” Ungkap Dyna selaku ketua PKM.

Penulis: Dyna Octavia Suryono Putri, Alfina Nur Eka Damayanti, Lisna Kurniasih dan Herti Apriani
Dosen Pembimbing : Lioni Indrayani, S.E., M.M .
Mahasiswi Unpam prodi S1 Akuntansi

Go to top