Muhammad Rizal Usul Pemerintah Gencar Sosialisasi Cegah Penyakit di Masyarakat Akibat Konsumsi GGL Berlebihan

Muhammad Rizal Usul Pemerintah Gencar Sosialisasi Cegah Penyakit di Masyarakat Akibat Konsumsi GGL Berlebihan

detakbanten.com JAKARTA - Persoalan bahaya pengonsumsian gula, garam, dan lemak secara berlebihan merupakan salah satu hal yang disoroti oleh Komisi IX, terutama melalui Panja Pengawasan Konsumsi GGL.

Anggota Komisi IX DPR RI Muhammad Rizal dalam Rapat Dengar Pendapat Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Konsumsi GGL di Kompleks Parlemen mengusulkan agar pemerintah memperbanyak penyuluhan kepada masyarakat mengenai bahaya pengonsumsian gula, garam, dan lemak (GGL) secara berlebih.

Menurut Rizal, langkah memperbanyak penyuluhan itu juga perlu diikuti dengan keberadaan regulasi yang mendukung.

"Penyuluhan yang lebih banyak, juga dengan regulasi yang kita miliki atau ada perubahan-perubahan, kita lakukan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat," kata Muhammad Rizal, senin (8/7/2024).

Menurut Rizal, penyuluhan itu berperan penting dalam menyadarkan masyarakat mengenai ancaman penyakit tidak menular, mulai dari diabetes, hipertensi, hingga kanker dan penyakit jantung apabila mereka mengonsumsi gula, garam, dan lemak dalam kadar yang berlebihan.

Muhammad Rizal menyampaikan masyarakat perlu diedukasi untuk membatasi pengonsumsian gula, garam, dan lemak sedini mungkin, karena sebagian besar penyakit akibat konsumsi GGL berlebih bermunculan pada saat seseorang memasuki usia 40 tahun ke atas.

"Dengan demikian, masyarakat mulai menyadari bahwa ini (konsumsi gula, garam, dan lemak berlebihan) ada bahayanya, karena kita baru tersadar di umur 40 ke atas," ujarnya.

 

 

Go to top