Pangkalan TNI AL Banten Terbangkan Garuda di Langit

Pangkalan TNI AL Banten Terbangkan Garuda di Langit
detakbanten.com CILEGON - Cara unik dilakukan oleh para Prajurit Pangkalan TNI AL Banten dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 yaitu dengan menerbangkan Burung Garuda Pancasila dalam bentuk layang-layang di langit Merak, Kota Cilegon. 
 
Layang-layang hasil karya prajurit Lanal Banten tersebut diterbangkan selain untuk menyemarakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia juga sebagai simbol menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berideologikan Pancasila masih ada di tengah-tengah bangsa dan negara tercinta kita ini. 
 
Komadan Lanal (Danlanal) Banten, Kolonel Laut (P) Golkariansyah mengatakan ideologi Pancasila sudah final bagi Negara Indonesia dan ideologi tersebut harus tetap dijaga kelestariannya. 
 
Ideologi Pancasila adalah sebuah rumusan yang dibuat oleh para pahlawan pendahulu sebagai bentuk adanya kepribadian bangsa dan negara Republik Indonesia, dan Pancasila menjadi sebuah tanda bahwa Negara Indonesia adalah negara yang kuat karena dari berbagai macam perbedaan seluruh warga negara Indonesia senantiasa bersatu dalam mempertahankan kemerdekaan. 
 
"Diusia yang sudah mencapai 75 Tahun, sebagai generasi penerus kita wajib mempertahankan dan melanjutkan perjuangan para pahlawan," katanya.
 

Danlanal mengatakan sesuai dengan Tema Nasional "Indonesia Maju" merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagi Pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Sebuah Simbolis dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan Kesatuan Negara Indonesia," pungkasnya.