Items filtered by date: Monday, 28 December 2020

detakbanten.com, SEPATAN -- Disebabkan tingginya debit air, tanggul saluran sekunder Cisadane Jebol menyebabkan semai bibit di area pertanian di Sepatan Terendam.

Published inKabupaten Tangerang

detakbanten.com TIGARAKSA -- Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten meringkus 1 dari 3 tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang biasa beroperasi di wilayah Tangerang. Pelaku yang berhasil dibekuk berinisial Y. Dua pelaku lain sedang dalam pengejaran.

Published inKriminal

detakbanten.com TIGARAKSA -- Jajaran Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang Polda Banten membekuk seorang pria berinisial A. Pria asal Kabupaten Lebak ini diringkus setelah mencuri sepeda motor di Kelurahan Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Published inKabupaten Tangerang

detakbanten.com Cilegon - Ledakan yang terjadi di pabrik Plant 1 Depo A terindiksi human error hal itu diungkapkan oleh Manajemen PT Dover Chemical Indonesia, saat Komisi II DPRD Kota Cilegon melakukan kunjungan ke pabrik kimia di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol tersebut, Senin (28/12/2020). Meski begitu, pihak manajemen masih terus melakukan penyelidikan guna memperkuat dugaan ledakan tersebut.

Published inCilegon

detakbanten.com LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak berhasil mengungkap tiga (3) kasus dengan empat (4) orang tersangka Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah hukumnya. Dari hasil penangkapan, polisi berhasil mengamankan puluhan karung bahan baku mineral logam emas.

Published inLebak

detakbanten.com KOTA SERANG - Guna mencegah penyebaran Covid-19 di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), personel Polwan Polda Banten melaksanakan Patroli Nong Jawara.

Published inKota Serang

detakbanten.com Cilegon - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Cilegon menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) di salah satu hotel di Kota Cilegon, Senin (28/12/2020). Musda yang digelar secara daring tersebut, menghasilkan keputusan berupa penggantianan unsur kepengurusan di DPD PKS Kota Cilegon periode 2020-2025.


Amal Irfanuddin terpilih setelah mendapatkan dukungan suara sekitar 500 kader. Amal menggantikan ketua sebelumnya yaitu Abdul Ghoffar yang saat ini menjabat Ketua Dewan Etik Daerag (DED) PKS Kota Cilegon.

Amal kembali aktif di dunia politik, setelah tak lagi duduk di kursi legislatif. Amal juga sebelumnya merupakan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon periode 2009-2014. Belum lama ini, Amal juga kembali aktif di dunia poliitik dengan menjadi Direktur Pemenangan pasangan calon walikota dan wakil walikota Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta. Pasangan Helldy-Sanuji tersebut diusung dari koalisi Partai Berkarya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPD PKS Kota Cilegon Amal Irfanuddin mengatakan, dirinya terpilih sebagai Ketua DPD PKS Kota Cilegon periode 2020-2025 melalui proses Musda serentak di beberapa daerah. Setelah terpilih sebagai ketua, Ia juga sudah mengurus jajaran kepengurusan. 

“Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) Nurrotul Uyun, Sekretaris MPD Ali Yusuf, Sekretaris DPD PKS Fery Budiman, Bendahara Anugrah Rahardjo, Bidang Kaderisasi Astho Harjoko, Ketua DED Abdul Ghoffar, Sekretaris DED Waisul Qurni,” terangnya.

Amal mengatakan, pelaksanaan Musda secara daring, sementara yang ada di lokasi Musda hanya 11 orang. Visi PKS ke depan, yaitu sebagai Partai Islam yang Rahmatan Lil Alamin, dan kokoh dan terdepan melayani masyarakat Indonesia. 

“Ada empat misi PKS di daerah yaitu meningkatkan jumlah kader partai, meningkatkan soliditas struktur untuk memiliki pengelolaan partai yang modern, meningkatkan kepeloporan pengurus dan kader partai, dan misi terakhir yaitu memenangkan Pemilu 2024 dan Pilkada di Banten dan Cilegon kembali menang ke depannya,” kata Amal dalam konfrensi pers.

Amal menjelaskan, PKS juga memunyai tagline baru yaitu 'Bersama Melayani Rakyat Cilegon'. Bahkan, meski koalisi Partai Berkarya dan PKS menang di Cilegon, Ia meminta ke Fraksi PKS di DPRD Cilegon untuk tetap kritis terhadap pemerintahan. “Amanah kita oleh rakyat, kita akan kawal terus pemerintah agar terus berada di jalan yang benar, itu posivis. Kita minta ke Fraksi tetap mengontrol pemerintah, kita mendukung semua yang untuk kebaikan. Kalau pemerintah salah, kita minta fraksi meluruskan,” kata Amal.

Amal mengaku, meski pemerintahan yang akan duduk di Kota Cilegon dari koalisi Partai Berkarya dan PKS, pihaknya tetap akan terus ikut dalam membangun pemerintaha. “Kita berharap pasangan Helldy-Sanuji akan tetap kebijakan bersama rakyat, kita minta fraksi menasihati dan meluruskan jika ada yang salah,” katanya

Sementara itu, Ketua DED DPD PKS Kota Cilegon Abdul Ghoffar yang juga Ketua Fraksi PKS pada DPRD Kota Cilegon ini mengatakan, fraksi adalah kepanjangan tangan dari partai di DPRD Cilegon. Sehingga, Fraksi PKS akan tetap menurut instruksi partai. Pihaknya akan tetap mendukung pemerintahan. Pada pemerintahan sebelumnya, pihaknya juga selalu memberikan kritik yang konstuktif dan partisipatif. 

“Ke depan Kalau disuruh partai diam, ya tentu kita diam, karena fraksi kepanjangan tangan dari partai. Kita akan dukung pemerintahan. Di pemerintahan sebelumnya kita juga mengkritisi bukan asal mengkritisi yang penting beda, tetapi kritik yang membangun,” tandasnya.

Published inCilegon

detakbanten.com Cilegon - Membludaknya jumlah pengunjung mall di Kota Cilegon khususnya Transmart, mendapat perhatian dari Komisi I DPRD Cilegon. Komisi I meminta kepada seluruh pengelola dan manajemen pusat perbelanjaan (Mall) di Cilegon perketat protokol kesehatan (Prokes) kepada pengunjung. 


Ketua Komisi I DPRD Cilegon, Hasbudin mengatakan ditengah pandemi Covid-19 yang terus meningkat, ia menilai pusat perbelanjaan masih cenderung mengabaikan prokes terhadap pengunjung sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, penilaian tersebut juga berdasarkan laporan dari masyarakat yang melihat kerumunan pengunjung dibeberapa mall yang dianggap sudah melanggar prokes.

“Saya melihatnya seperti itu, dan memang yah itulah adanya, karena dengan adanya kerumunan orang banyak. Dengan situasi dan kondisi seperti ini, dia (pengelola) harus juga ekstra ketat, bagaimana bisa mengatur sedemikian rupa pengunjung,” kata Hasbudin usai rapat dengar pendapat (hearing) bersama pengelola dan manajemen Transmart, Cilegon Center Mall (CCM), Ramayana dan City Mall di ruang Rapat DPRD Cilegon, Senin (28/12/2020).

Selain mengingatkan, Hasbudin juga mengatakan, hearing tersebut untuk mensosialisasikan Peraturan Daerah terkait Prokes Covid-19 yang kedepan harus dilaksanakan.

Untuk itu, lanjut Hasbudin, pihaknya mengingatkan kepada seluruh pengelola dan manajemen mall di Cilegon untuk serius dalam menerapkan prokes terhadap pengunjung.

“Oleh karena itu kami memandang perlu untuk mengingatkan kepada mereka supaya ini dilaksanakan dengan baik. Tidak hanya menginstruksikan dan mengingatkan, tapi ada sanksi jika hal ini tidak dihiraukan,” tegasnya.

Setelah hearing tersebut, Hasbudin mengungkapkan pihaknya akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke setiap mall untuk memastikan penerapan prokes kepada pengunjung telah dilaksanakan dengan baik.

Ditempat yang sama, Vice Presiden Corporate Communication Transmart Cilegon, Satria Hamid mengaku pihaknya telah melakukan upaya dalam menerapkan prokes kepada pengunjung.

Dirinya mengatakan, faktor pengawasan adalah hal penting dalam upaya memperketat prokes di pusat perbelanjaannya.

“Jadi upaya sudah kita lakukan dan kita akan lebih meningkatkan,” tuturnya.

Untuk itu, kedepan pihaknya akan mensiagakan dan menyiapkan personil untuk secara ketat memberikan pengarahan dan edukasi kepada konsumen yang berkunjung ke Transmart.

“Mohon juga kalau di arahkan oleh petugas kami di internal, mereka (pengunjung) bisa disiplin mengikuti, tidak marah, karena ini untuk menjaga kesehatan mereka bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Cilegon Juhadi M Syukur mengatakan pihaknya terus melakukan himbauan kepada pengunjung mall yang ada di Kota Cilegon.

"Kita berupaya bagaimana upaya masyarakat kita sehat, jadi kita terus menghimbau kepada para pengunjung," tandasnya.

Published inCilegon

detakbanten.com JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyarankan agar instansi pemerintah tidak ragu belajar pengelolaan arsip kepada Bank Indonesia (BI). Saran tersebut menyusul predikat A yang diraih BI dalam hal pengelolaan arsip sebagai komitmen penerapan prinsip tata kelola dari sisi pengelolaan kearsipan.


Pengelolaan arsip BI dinilai sangat baik karena beberapa komponen, yaitu fungsi kearsipan, pelaksanaan tugas unit kearsipan, kedudukan hukum (birokrasi) dalam pelaksanaan kearsipan, dan program penyelenggaraan kearsipan. “Hari ini dapat kita saksikan bagaimana Bank Indonesia dengan sungguh-sungguh mengelola arsipnya dengan baik. Saya berharap hal ini dapat dijadikan rujukan bagi kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah,” ungkap Tjahjo Kumolo dalam acara Apresiasi Kearsipan Bank Indonesia, secara virtual, Senin (28/12).

Menurutnya penanganan arsip secara komprehensif dan terpadu akan mendukung kinerja organisasi secara optimal. Arsip adalah bukti dari identitas kebangsaan, dan penyelenggaraan kearsipan yang baik akan mampu merespons tuntutan dinamika gerak maju masyarakat, bangsa, dan negara kedepan. Arsip adalah simpul pemersatu bangsa, serta mendukung kesinambungan bangsa dan negara.

Selain itu hal yang menjadi fokus bersama bahwa pengelolaan arsip perlu dilakukan secara konsisten dan baik agar jejak langkah institusi khususnya BI dalam membangun kinerja dapat diabadikan, diwariskan, serta dijadikan landasan yang kuat. Pengelolaan arsip BI bisa menjadi salah satu langkah mewujudkan visi Menjadi Bank Sentral Digital Terdepan yang Berkontribusi Nyata Terhadap Perekonomian Nasional.

Menteri Tjahjo menekankan, pengelolaan arsip perlu didukung sumber daya kearsipan yang memadai, antara lain unit kearsipan, SDM kearsipan yang profesional, sistem kearsipan yang terintegrasi, serta sarana dan prasarana kearsipan. Sebab, arsip adalah dokumen berharga yang memiliki arti penting untuk mengetahui rekam jejak semua kejadian yang sudah terjadi.

“Arsip selalu menjadi dokumen yang paling diperlukan untuk menkonstruksikan suatu kejadian yang sudah berlalu, untuk berbagai kepentingan, termasuk kepentingan yang berkaitan dengan penegakan hukum,” jelas Menteri Tjahjo.

Lebih lanjut dikatakan keterlibatan Arsip Nasional RI (ANRI) diperlukan dalam upaya melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan kearsipan nasional agar terwujud pengelolaan arsip secara optimal. Kerja sama dan kolaborasi yang intens antara BI dan ANRI harus terus diperkuat, terutama dalam rangka menyelamatkan arsip yang memiliki nilai sejarah.

Pada kesempatan yang sama Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya memiliki peran strategis, khususnya dalam menjaga stabilitas perekonomian, mencetak dan mengedarkan uang, hingga mendorong perekonomian nasional. Oleh karenanya dokumentasi yang dilakukan BI dalam kinerjanya menjadi menjadi semangat dalam mewujudkan bank sentral yang kredibel, berperan besar dalam perekonomian nasional, bahkan terbaik di antara emerging market. Istilah emerging market merujuk pada negara dengan ekonomi rendah menuju menengah pendapatan per kapita.

Perry menyampaikan, apapun yang dilakukan BI tidak lengkap kalau dokumentasinya tidak benar, karena memang arsip dari setiap kegiatan merupakan bagian penting dari sejarah. Pihaknya tidak hanya ingin belajar dari sejarah, ataupun pelaku sejarah, melainkan juga ingin meninggalkan dokumentasi yang dapat dijadikan sumber referensi didalam mempelajari dan memajukan sejarah perekonomian nasional.

“Kita ingat Presiden RI pertama Soekarno pada pertingatan hari ulang tahun kemerdekaan RI di tahun 1966 pernah mengingatkan kepada kita, jangan sekali sekali meninggalkan sejarah, atau yang dikenal dengan ‘Jas Merah’, dan itu betul betul menjadi semangat kita di BI,” ucapnya.

Akreditasi kearsipan adalah kegiatan penilaian mutu atau kelayakan terhadap lembaga kearsipan, unit kearsipan, lembaga penyelenggara jasa kearsipan, serta lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatih kearsipan. Lembaga publik lainnya yang juga telah mendapatkan akreditasi serupa antara lain Kementerian ESDM, Kementerian Pariwisata, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Sekretariat Negara.

Penyerahan sertifikat akreditasi dari ANRI dilakukan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo kepada Gubernur BI Perry Warjiyo. Selain itu juga dilakukan penandatanganan berita acara serah terima arsip Biro Lalu Lintas Devisa periode tahun 1965 hingga 1970 antara BI, yang diwakilkan Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, dengan Plt Kepala ANRI M Taufik.

Published inNasional

detakbanten.com SUKADIRI - Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang merealisasikan usulan perbaikan penerangan jalan umum (PJU) nb oleh pemerintahan desa Pekayon. Hal tersebut dikatakan Kabid PJU H Cecep saat dihubungi, Senin (28/12/2020).


Menurutnya saat ini Dishub melakukan kegiatan pemeliharaan PJU, berdasarkan laporan Pemdes terdapat beberapa titik lampu yang harus diperbaiki.

"Alhamdulillah Pemdes Pekayon sangat kooperatif dengan sering melakukan komunikasi secara intens, akhirnya perbaikan PJU terus dilakukan"terang Cecep.

Diruas jalan raya Pekayon kata Cecep, terutama di Kampung Ganefo arah Pekayon sebelum nya gelap tanpa ada penerangan jalan, tidak sedikit orang warga Pekayon merasa riskan pada saat melewati jalan raya Pekayon, namun saat ini jalan raya Pekayon tak lagi gelap setelah dipasang nya penerangan jalan umum (PJU)

Sementara, Bawi Staf Desa Pekayon mengapresiasi perbaikan PJU oleh petugas dari Dishub Kabupaten Tangerang, menurutnya saat ini akses dijalan Pekayon sebelumnya gelap, namun setelah diperbaiki, akhirnya menjadi terang.

" Alhamdulillah saat ini warga Pekayon bisa merasakan terangnya PJU,"kata Bawi.

Sementara itu Aliyah salah satu warga Pekayon banyak mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Desa Pekayon yang sudah mewujudkan keinginan masyarakat diadakannya Penerangan jalan umum

" Sekarang ini sudah tak lagi riskan jika pulang malam melewati jalan Pekayon karena sudah ada penerangan jalan. Awalnya kan kalau pulang kerja sip dua itu pulang malam agak gelap dan serem aja , sekarang udah ga sereum lagi," Ujar Aliyah.

Published inKabupaten Tangerang
Page 1 of 3

 

 

Go to top