Lantik MABI PINSAKA Kwarcab Lebak, BBPOM Serang Perkuat Sinergitas Pengawasan Obat dan Makanan

Lantik MABI PINSAKA Kwarcab Lebak, BBPOM Serang Perkuat Sinergitas Pengawasan Obat dan Makanan

detakbanten.com BANTEN, - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Serang bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lebak menggelar pelantikan Majelis pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Pengawas Obat dan Makanan (Saka POM) Kabupaten Lebak masa bakti tahun 2023-2028, di Aula Kantor BBPOM di Serang, Senin (13/11/2023).

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lebak, Kak Ade Sumardi. dengan disaksikan oleh Kepala BBPOM Serang, Kak Mozaja Sirait, dan Wakil Ketua Bidang Binamuda dan Saka Kwartir Daerah Banten Kak Neng Nurcahyati.

Pengukuhan diawali dengan pembacaan surat keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lebak, tentang pengesahan Mabi SAKA dan Pin SAKA beserta susunan kepengurusannya.

Sesuai dengan surat keputusan No. 018 Tahun 2023, selain melibatkan Gerakan Pramuka dan BBPOM di Serang kepengurusan Mabi dan Pin SAKA POM juga melibatkan organisasi profesi yaitu Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Lebak yang juga dilantik sebagai Wakil Majelis Pembimbing (Mabi) Pangkalan Saka.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pembacaan naskah pelantikan MABI SAKA dan PINSAKA dan dilanjutkan dengan pengucapan Tri Satya yang diikuti oleh seluruh peserta pelantikan. Selanjutnya prosesi ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh Ketua MABI SAKA, Ketua PINSAKA, dan Ketua Kwarcab Kabupaten Lebak.

“Kami menyadari tantangan besar dalam pelaksanaan tugas terkait pengawasan obat dan makanan sehingga tugas ini tidak dapat kami jalankan sendiri. Pelantikan ini sangat penting untuk menjawab tantangan tersebut, terlebih lagi gerakan pramuka merupakan organisasi dengan jumlah anggota yang sangat besar dan tersebar di seluruh Indonesia," kata Kepala BBPOM Serang, Kak Mozaja Sirait, Pria yang akrab disapa Moses.

Moses menjelaskan pramuka merupakan gerakan yang mengedepankan pengabdian kepada masyarakat tercermin dari dari tujuan Gerakan Pramuka yaitu membentuk insan yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotis, taat pada hukum dan disiplin serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

"Saka POM memiliki arti pemuda pelindung masyarakat dari Obat dan Makanan yang tidak aman dan berisiko terhadap kesehatan dengan tiga kridanya yaitu Krida Pengujian Sederhana Obat dan Makanan, Krida Pemantauan Obat dan Makanan; dan Krida Informasi Obat dan Makanan. Tambah Kepala BBPOM di Serang." Jelas moses

Hal senada juga disampaikan oleh Kak H. Ade Sumardi dan Kak Neng Nurcahyati, harapannya setelah Pelantikan ini, Mabi dan Pin Saka POM dapat mulai aktif menyusun strategi dan program terkait pengawasan obat dan makanan.

"Generasi muda harus aktif dan menyebarkan informasi secara masif kepada masyarakat agar seluruh masyarakat, khususnya masyarakat kabupaten lebak dapat teredukasi dan lebih cerdas dalam mengkonsumsi obat dan makanan yang aman." tutur Kak Ade Sumardi.

Ade berharap Ini adalah langkah yang luar biasa. Semoga dengan dilantiknya Pengurus Saka POM di Kwartir Cabang Lebak sinergi dan kolaborasi antara Badan POM dan Pramuka bisa semakin baik untuk mewujudkan obat dan makanan yang aman.

"Pramuka menjadi tempat membina watak dan karakter generasi muda. Pramuka bekerja dengan tulus tapi bertanggung jawab dan disiplin. Pramuka harus bermanfaat di mana saja berada,Sekali Pramuka tetap Pramuka” ujar Kak H. Ade Sumardi.

Ditempat yang sama Kak Neng Nurcahyati juga menambahkan perlunya peran serta aktif dan konsistensi dari Badan POM dalam menyediakan media informasi obat dan makanan pada akun media sosialnya.

"Karena saat ini media tersebut merupakan salah satu media yang paling efektif dalam penyebar luasan informasi." ungkapnya

 

 

Go to top