Bantu Permodalan, OJK Pertemukan UMKM Dengan Perbankan dan Fintech

Deputi Direktur Informasi, Dokumentasi dan EPK Kantor OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, F.A Purnama Jaya Deputi Direktur Informasi, Dokumentasi dan EPK Kantor OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, F.A Purnama Jaya

detakbanten.com, SERANG-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menjaga industri jasa keuangan agar tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 dalam upaya mendukung pembiayaan pada sektor UMKM.

Di tahun 2021 pun, tingkat permodalan industri perbankan cukup baik dan meningkat di bandingkan tahun sebelumnya. Bahkan, di tahun 2021, persentase kredit kepada UMKM meningkat menjadi 30 persen.

Deputi Direktur Informasi, Dokumentasi dan EPK Kantor OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, F.A Purnama Jaya, mengatakan bahwa OJK akan terus mendukung pengembangan UMKM melalui peningkatan porsi kredit UMKM.

"Kita di setiap kantor regional dari cabang OJK mempunyai tim percepatan akses keuangan daerah. Inipun salah satu program di DKI Jakarta dan Banten, adalah program ketahanan UMKM," kata Purnama ditemui di salahsatu hotel kawasan Kabupaten Serang, Selasa (14/12/2021).

Purnama jelaskan, program tersebut merupakan upaya untuk membantu UMKM dengan melakukan pembinaan dan pelatihan terkait proses pemasaran secara digital. Selain itu, pihaknya mempertemukan UMKM dengan jasa keuangan termasuk Fintech.

"OJK sifatnya hanya bantu UMKM, dan bisa mengajukan pinjaman melalui platform tertentu selain Perbankan. Kita pun hubungkan dengan Fintech," pungkasnya. (Aden)

 

 

Go to top