Tekuni Warisan Ulama, Fraksi PKS DPRD Banten Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Tekuni Warisan Ulama,  Fraksi PKS DPRD Banten Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Detakbanten.com SERANG - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Provinsi Banten bekerjasama dengan Bidang Pembangunan Ummat (BPU) DPW PKS Provinsi Banten, menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) Ke V Tingkat Provinsi Banten diKantor DPTW PKS Provinsi Banten. Minggu (28/11/2021).

Kegiatan ini, merupakan agenda rutin tahunan PKS yang merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Santri Nasional.

Dengan tujuan diharapkan muncul gairah dikalangan anak-anak muda khususnya para santri, untuk mempelajari dan menekuni kitab kuning sebagai warisan ilmu dari para ulama terdahulu.

Adapun kitab yang akan dibaca oleh peserta LBKK yakni Kitab Fathul Muin karangan Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz Al – Malibari.

“Kita mendorong anak-anak muda untuk mengkaji kitab kuning sehingga kelak mereka menjadi ulama yang bisa memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya yang membutuhkan penyelesaian dari sisi Fiqih nya," ungkap Ketua Fraksi PKS DPRD Banten, Juheni M Rois, Senin (29/11/2021).

Juheni M Rois yang juga bertugas sebagai salah satu dewan juri berharap, pada lomba kali ini menghasilkan juara yang akan mempertahankan prestasi PKS Provinsi Banten sebagai juara nasional berturut-turut dalam dua lomba terakhir.

“Mudah-mudahan Juara tingkat Provinsi Banten kali ini, juga menjadi juara nasional seperti sebelumnya," terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPW PKS Provinsi Banten, Gembong R. Sumedi mengapresiasi Fraksi PKS DPRD Kab/Kota Se Provinsi Banten beserta Struktur DPD PKS Kab/Kota Se provinsi Banten yang telah menyelenggarakan seleksi ditingkat daerah.

"Saya apresiasi kepada Fraksi PKS Provinsi beserta yang lainnya atas kegiatan ini. Mudah mudahan lomba ini membawa peserta terbaik dari daerahnya masing-masing," harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana LBKK Ke V, Wawan Mulayawan, menyampaikan bahwa LBKK Ke V diikuti oleh 8 (Delapan) peserta yang merupakan Juara ke 1 dalam seleksi tingkat daerah.

“Secara keseluruhan ada ratusan peserta putra dan putri yang ikut dibabak penyisihan tingkat daerah dan masing-masing juara berhak mewakili daerahnya mengikuti Lomba tingkat provinsi," tutupnya.

Diketahui, dalan Lomba Kitab Kuning Ke V Tingkat Provinsi Banten dihadiri oleh Ketua Fraksi PKS DPR RI, KH. Jazuli Juwaini, Perwakilan Pengurus DPP H. Irfan Taruna, Ketua DPW PKS Provinsi Banten Gembong R Sumedi,

Dalam Lomba ini pun, para dewan juri serta peserta dengan mematuhi protokol kesehatan. Dan keluar sebagai juara pada Lomba Baca Kitab Kuning Ke V Tingkat Provinsi Banten yaitu Humaedi (Kota Tangerang), Muhammad Tajudin (Kota Serang) dan Siti Rosdiana (Kota Tangerang Selatan).(Aden)

 

 

Go to top