Sukses Tata Pesisir Laut Ketapang, Zaki Diangkat Jadi Vice Presiden PNLG

Sukses Tata Pesisir Laut Ketapang, Zaki Diangkat Jadi Vice Presiden PNLG

Detakbanten.com TANGERANG -- Sukses menata kawasan pesisir laut di Desa Ketapang Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang dalam program Gerbang Mapan, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar diangkat menjadi Vice Presiden Pemsea Network on Local Governments ( PNLG).

" PNLG merupakan organisasi tingkat dunia yang dibentuk oleh PBB," kata Erwin Mawandy, Kabid Perencanaan Prasarana Wilayah Bappeda Kabupaten Tangerang, saat ditemui dikantornya, Selasa, (30/11/2021).

Erwin mengatakan, saat ini ada 53 kota pesisir di 12 negara yang tergabung didalam organisasi PNLG, ke 12 Negara tersebut diantaranya adalah Indonesia, Vietnam, China, Malaysia, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Kamboja,Thailand, Myanmar, Singapura dan Taiwan. Sementara di Indonesia ada enam Kabupaten / Kota yang tergabung didalam PNLG, yakni Kabupaten Tangerang, Lombok Timur, Semarang, Bangka Selatan, Bontang dan Sukabumi.

" Presiden PNLG yang sebelumnya dijabat oleh MS Aimee Gonzales dari Malyasia memberikan penilaian yang positif,karena Kabupaten Tangerang sukses menata secara terpadu program penataan di pesisir Desa Ketapang Kecamatan Mauk,"terang Erwin.

Program unggulan Bupati Tangerang yakni Gerbang Mapan sambung Erwin, berhasil dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Kinerja tersebut diapresiasi dengan mengangkat Bupati Tangerang sebagai Vice Presiden Pemsea Network on Local Governments ( PNLG). Pembangunan Pesisir Berkelanjutan diakui sebagai salah satu kekuatan pendorong utama dalam mewujudkan tujuan Strategi Pembangunan Berkelanjutan untuk Laut Asia Timur (SDS-SEA) dalam tujuannya untuk mencakup 25 persen wilayah regional garis pantai dengan program pengelolaan pesisir terpadu

" Kita harus bangga atas terpilihnya pak Bupati sebagai Vice President PLG, karena jarang sekali kepala daerah menjadi Vice President PNLG," terang Erwin.

Organisasi tingkat dunia PNLG ini lahir dari organisasi kemitraan kota-kota pesisir, sebelumnya Indonesia hanya sebagai negara anggota saja, organisasi ini merupakan bentukan dari United Nations Development Programme ( UNDP) atau Badan Program Pembangunanya perserikatan bangsa - bangsa (PBB), organisasi multilateral yang paling besar ini memberi bantuan teknis dan pembangunan di dunia.

" Sebelumnya, Indonesia hanya menjadi anggota saja, namun saat ini Indonesia ditunjuk menjadi Vice Presiden PNLG, untuk Presiden PNLG yang baru dijabat oleh Dr Chua Thia Eng dari negara Vietnam,"tandasnya.

 

 

Go to top