Kapolres Tanjungbalai Hadiri Gerakan Penanaman Sorgum Nasional Tahun 2022 TNI Angkatan Laut

Kapolres Tanjungbalai Hadiri Gerakan Penanaman Sorgum Nasional Tahun 2022 TNI Angkatan Laut

Detakbanten.com, TANJUNGBALAI (Sumut)-Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi SIK MM, menghadiri gerakan penanaman Sorgum nasional Tahun 2022 TNI Angkatan Laut. Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Jumat (9/9/2022), sekitar Pukul 08.00 Wib di GOR Mini Jalan DI. Panjaitan Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai.

Melalui penanaman Sorgum nasional TNI AL bersama rakyat siap membangun kejayaan Maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

Kegiatan yang diawali pada Pukul 08.00 Wib, Forkopimda Kota Tanjungbalai yang hadir dalam kegiatan mengikuti secara virtual tentang kegiatan Gerakan Penanaman Sorgum Nasional Tahun 2022 TNI Angkatan Laut yang berlangsung dari Cariu Bogor Jawa Barat.

Sekitar Pukul 08.45 Wib Forkopimda bersama dengan para Prajurit Lanal TBA dan Jalasenastri secara serentak bersamaan dengan kegiatan virtual melaksanakan penanaman bibit sorgum dilahan yang telah disediakan di Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan P.T. Sebayang SE. DWC. Mengatakan dalam sambutannya "Ketahanan Pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup," Katanya.

"Saya juga melihat bahwa ketahanan pangan merupakan permasalahan yang strategis bagi suatu Negara karena kebutuhan akan pangan adalah kebutuhan mendasar bagi setiap makhluk hidup yang harus dipenuhi demi keberlangsungan hidupnya. Saya berterima kasih kepada seluruh Pemerintah Kota Tanjungbalai dan stake holder serta masyarakat yang telah mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan ini," Pungkas Danlanal.

Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib, SAg. MM, mengatakan "Saat ini dunia menghadapi ancaman krisis komoditas pangan yang mengakibatkan kenaikan kenaikan harga pangan. Oleh karena itu perlu adanya rencana besar dalam menghadapi ancaman tersebut salah satunya dengan memanfaatkan alternatif bahan pangan," Katanya.

"Pemerintah Kota Tanjungbalai berharap luasan lahan yang dapat digunakan untuk menanam sorgum sehingga tidak bergantung pada bahan pangan lainnya.
Dengan melaksanakan program penanaman sorgum diharapkan ada peningkatan kualitas dan keamanan pangan, guna mendukung Pemerintah melakukan penerapan budidaya pertanian yang baik," Tambah Waris.

"Tujuan dilaksanakan penanaman sorgum ini yakni menjaga ketahanan serta keberlangsungan sumber daya alam, melalui penetapan lahan sawah yang dilindungi atau pengendalian alih fungsi lahan sawah, diversifikasi budidaya, penggunaan pupuk organik serta pemeliharaan jaringan irigasi," Ucap Walikota mengakhiri.

Dalam kegiatan tersebut dihadir oleh Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib, S.Ag. MM. Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi SIK. MM. Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan PT. Sebayang, SE. DWC. Ibu Ketua Jalasenastri cabang VII Korcab I DJA I Ny. Elisa Aan Sebayang. Kejari Tanjungbalai Rufina Br. Ginting SH. MH. Wakil Ketua Pengadilan Tanjungbalai M. Sacral Ritonga SH. MH. Kadis Pertanian drh Muslim. Mewakili Dandim 0208 AS Kapten Inf Endar Siregar. Kapolsek Sei Tualang Raso Iptu AE. Rambe SH. Camat Sei Tualang Raso Gando Tuah dan Para Prajurit Lanal TBA beserta Jalasenastri.

 

 

Go to top