Jangan Jadikan Self Reward sebagai Tameng untuk Pemborosan

 Ilustrasi. (Pexels/Gustavo Fring) Ilustrasi. (Pexels/Gustavo Fring)

Detakbanten.com LIFESTYLE - - Saat kamu menyelesaikan suatu pekerjaan yang amat berat dan melelahkan, gak ada salahnya kamu untuk memberikan apresiasi kepada diri kamu sendiri. Self Reward juga perlu lho, pasalnya bisa buat kamu kembali bersemangat.

Self reward adalah salah satu istilah yang kerap digunakan anak muda masa sekarang, yang berarti memberi penghargaan kepada diri sendiri. Tetapi, self reward acap kali dijadikan alasan orang untuk berfoya-foya alias boros.

Atau bisa juga orang tersebut tanpa sadar kalau yang ia lakukan hanyalah pemborosan. Menanggapi hal itu Psikolog klinis Inez Kristanti, M.Psi mengingatkan agar selalu bijam setiap kali memilih bentuk self reward supaya tidak merugikan diri sendiri atau pun orang lain.

“Self reward yang bentuknya materi, kita perlu bijak untuk menentukan apa yang tepat untuk kita. Saya juga tidak ingin teman-teman salah kaprah, misalkan jadi beranggapan kalau self reward itu jadi boros,” kata Inez, dikutip dari Antara pada Sabtu (29/1/2022).

Ia juga menyebutkan, membeli sesuatu tanpa pikir panjang atau hanya laper mata sampai merasa takut ketinggalan tren kata lain tren atau fear of missing out (FOMO) tidak bisa dikatakan secara otomatis self reward. (Aip)

Go to top