Dalam 3 Bulan Terakhir, RSUD Sultan Sulaiman Serdang Bedagai Merawat 78 Pasien Gangguan Jiwa

Dalam 3 Bulan Terakhir, RSUD Sultan Sulaiman Serdang Bedagai Merawat 78 Pasien Gangguan Jiwa

Detakbanten.com I SERDANG BEDAGAI – Terhitung dalam 3 bulan terakhir, RSUD Sultan Sulaiman Kabupaten Serdang Bedagai merawat sebanyak 78 pasien gangguan jiwa.


Direktur RSUD Sultan Sulaiman Kabupaten Serdang Bedagai, dr Syari Aldi Saragih mengatakan, pada bulan April terdapat 41 pasien, bulan Mei 25 pasien dan bulan Juni sebanyak 12 pasien.

“Total dalam 3 bulan ini ada 78 pasien gangguan jiwa yang berobat ke RSUD Sultan Sulaiman,” katanya, Sabtu (22/6/2024).

Menurutnya, pasien gangguan jiwa yang berobat ke RSUD Sultan Sulaiman tidak hanya warga Serdang Bedagai, melainkan datang dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Utara.


“Mereka diantar pihak keluarga untuk berobat jalan, bahkan ada yang rawat inap,” ungkap dr Syari Aldi.


Keta dia, untuk itu pihak rumah sakit selalu koordinasi dengan pihak penyalur obat-obatan psikotropika yang ada di Kota Medan agar stok obat untuk pasien gangguan jiwa tidak kosong.


“Sebelum stok obat habis, kita sudah ajukan permohonan ke pihak penyalur di Medan,” terangnya.


Tambah dr Syari Aldi, permohonan obat-obatan psikotropika harus melalui proses pengawasan ketat, melibatkan pihak balai POM dan Apoteker. Setelah mereka setuju, obat tersebut baru di distribusikan melalui paket pengiriman yang mereka sediakan.


“Selain pengajuan permohonan dengan pengawasan ketat, pengiriman paket mereka yang menyediakan, jadi sebelum obat habis kita sudah ajukan,” imbuh dia.


Masih kata dr Syari Aldi, dengan jumlah pasien gangguan kejiwaan yang begitu banyak, belum terhadap adanya pihak keluarga pasien yang merasa kecewa dengan pelayanan RSUD Sultan Sulaiman.

“Memang ada sekali, itupun hanya salah paham, namun semua sudah terkendali karena obat mereka perkirakan kosong, ternyata pengiriman terlambat, sebab sore harinya obat sudah diambil keluarga pasien,” bilangnya.(ap).

 

 

Go to top