Bupati dan Dirut PDAM Hadiri Workshop Peningkatan Kinerja Badan Usaha Jasa Air

Bupati dan Dirut PDAM Hadiri Workshop Peningkatan Kinerja Badan Usaha Jasa Air

Detakbanten.com TANGERANG ,--Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar Dan Dirut PDAM TKR Sopyan Safar menghadiri acara workshop peningkatan kinerja badan usaha jasa air melalui impelentasi tata kelola perusahaan yang baik (GCG) tahun 2021, yang di gelar di Lemo Hotel, Kelapa Dua, Selasa (26/10/21).

Workshop tersebut dihadiri oleh Asisten Daerah Pemprov Banten, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Banten, Direktur Utama Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang yang juga Ketua Pengurus Daerah Perpamsi Banten dan para pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam sambutannya, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengungkapkan pelaksanaan workshop ini merupakan wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam memberikan kebutuhan masyarakat akan ketersediaan air bersih, baik untuk industri, niaga maupun rumah tangga.

"Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih serta turut mendukung atas terselenggaranya kegiatan workshop ini. Kesempatan yang baik ini, menjadi satu waktu yang tepat untuk bisa bersama-sama melahirkan gagasan atau saling bertukar informasi terutama kebijakan inovasi kinerja pemerintah daerah kepada perusahaan jasa air minum daerah," katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Tangerang saat ini terus melakukan upaya dalam menyediakan layanan air bersih bagi masyarakat. Upaya tersebut telah kami lakukan dengan terus meningkatkan kualitas pelayanan serta penyediaan fasilitas air bersih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang.

"Disamping itu, pemerintah daerah juga terus memperkuat jalinan kerjasama yang baik dengan PT. Aetra Air Tangerang. Hal ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam memberikan layanan air bersih bagi masyarakat khususnya di wilayah-wilayah kecamatan yang kualitas air tanahnya masih sangat buruk," jelasnya.

Dan perlu diketahui, Kabupaten Tangerang melalui Perusahaan Umum Daerah Tirta Kerta Rahrja berhasil meraih beberapa prestasi corporate rating di Tahun 2021 ini, yakni Prestasi Top BUMD Award Pada Tahun 2021, Prestasi Top of The Top BUMD 2021, Prestasi Top CEO BUMD Tahun 2021, Prestasi Top Pembina BUMD Tahun 2021 oleh Majalah Top Business, Prestasi Peringkat 1 PDAM se-Indonesia selama 3 tahun berturut-turut tahun 2019, 2020, 2021 versi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, dan Prestasi Perusahaan Pelaksana TSLP terbaik tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2021.

Bupati berharap kedepannya Pemerintah Kabupaten Tangerang berkomitmen untuk bisa melayani kebutuhan air bersih di Kabupaten Tangerang sampai dengan 60% cakupan layanan. Karena optimalisasi pelayanan terbaik terhadap pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat, merupakan kewajiban dan sudah menjadi tugas kita semua sebagai abdi masyarakat untuk bisa mewujudkan hal tersebut agar kualitas kehidupan sosial masyarakat dan juga derajat kesehatan masyarakat kita bisa terus membaik.

Ketua Perpamsi Banten yang juga Direktur Utama Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang H. Sofyan Sapar, mengungkapkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) diselenggarakan dengan tujuan untuk menjamin tersedianya pelayanan air minum dalam memenuhi hak rakyat atas air minum, terwujudnya pengelolaan dan pelayanan air minum yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, tercapainya kepentingan yang seimbang antara pelanggan dan BUMN, BUMD, UPT, UPTD, kelompok masyarakat dan badan usaha serta tercapainya penyelenggaraan air minum yang efektif dan efisien untuk memperluas cakupan pelayanan air minum.

"Oleh karena itu kegiatan hari ini adalah, bentuk konkrit agar implementasi tata kelola perusahaan yang baik (GCG) ini di seluruh perusahaan pengelolaan air minum di Provinsi Banten bisa terlaksana dengan baik," ungkap Sofyan. 

 

 

Go to top