Kota Tangerang Galakkan Hidroponik

Kebun hidroponik di Kota Tangerang. Kebun hidroponik di Kota Tangerang. Khanif

Detakbanten.com KOTA TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang merencanakan penyelenggaraan festival tanaman hidroponik di tiap kelurahan. Rencana ini untuk menyukseskan program Tangerang Berkebun dan bagian dari Kampung Iklim Bebas Banjir.

"Nantinya akan kita rencanakan kegiatan festival tanaman hidroponik di tiap kelurahan Kota Tangerang. Jadi, untuk belajar tanam tanaman sendiri," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Arief mengimbau kepada warga untuk mulai memanfaatkan keterbatasan lahan yang ada dengan sistem hidroponik. Karena melalui sistem ini selain hasil yang didapat bisa maksimal tapi juga tidak memerlukan area tanam yang besar.

"Kalau semua sudah mau menanam pakai hidroponik, nanti tidak perlu beli sayur lagi, sudah tinggal petik saja. Selain hemat uang belanja, unsur kebersihannya juga terjamin," katanya.

Baca juga: Tata Situ Perigi, Kimpo Rogoh Kocek Rp200 Juta

Salah satu program Kampung Iklim bebas banjir adalah Urban Farming atau Pertanian Perkotaan. Pemkot Tangerang pun telah menggulirkan program Tangerang Berkebun sejak tahun 2014 dan terbentuk ratusan kelompok tani. Tujuannya adalah untuk mensukseskan ketahanan pangan yang sehat dan aman serta pelestarian lingkungan menjadi hijau dan bersih.

"Tujuan dari urban farming adalah memanfaatkan lahan sebagai bertani yang hasilnya bisa dimanfaatkan warga hingga peningkatan ekonomi untuk dijual. Program ini akan semakin digencarkan sebagai bagian dari ketahanan pangan," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Engkos Zarkasyih.

 

 

Go to top