Stok Darah Masih Tersedia Walaupun Peminat Donor Darah Minim

Stok Darah Masih Tersedia Walaupun Peminat Donor Darah Minim

detakbanten.com PANDEGLANG - Antusias Masyarakat Menes dalam mendonorkan darah sangat minim, sebab dalam kegiatan donor darah yang dilakukan Palang Merah Indonesia(PMI) Kabupaten Pandeglang hanya diikuti sebanyak Sembilan orang, padahal sebelum dilakukannya kegiatan pihak PMI Kecamatan Menes telah menyebarkan surat pemberitahuan kesetiap Lembaga, baik Pendidikan, Lembaga kemasyarakatan, Karang Taruna serta lembaga lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Menes.

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Menes April lismawati mengatakan, memang kegiatan donor darah tersebut baru kali ini dilakukan diwilayah Menes, namun sebelum dilakukannya kegiatan telah pihaknya mengaku telah melayangkan surat kesetiap lembaga, baik itu lembaga kesehatan, ke masyarakat, Pemuda maupun pendidikan.

"Mungkin pemahaman Masyarakat mengenai donor darah ini belum meningkat, padahal donor darah ini sangat baik untuk kesehatan, karena kalau tidak didonorkan dengan sendirinya sel-sel darah merah akan mati dengan sendirinya, maka alangkah baiknya dari pada terbuang sia-sia lebih baik didonorkan, sebab masih banyak Masyarakat yang membutuhkan,"ungkapnya usai ditemui dalam acara donor darah yang dilakukan diaula Eks Kwadanaan Kecamatan Menes, Minggu (18/1/2015).

Lanjut kata April, upaya yang akan dilakukan agar pemahaman Masyarakat mengenai donor darah lebih meningkat, dirinya mengaku kegiatan donor darah akan terus dilakukan.

"Saya berharap kedepan antusias Masyarakat dalam melakukan donor darah lebih meningkat, karena ini sangatt baik dan bermanfaat bagi Masyarakat yang membutuhkan,"harapnya..

Ditempat yang sama anggota Unit Donor Darah (UDD) PMI Pandeglang mengatakan, memang kegiatan donor darah ini hanya menghasilkan Sembilan kantong saja, tetapi mudah-mudahan kedepan minat masyarakat lebih meningkat.

"Memang sekarang ini stok masih banyak, beberapa waktu lalu juga ada yang terbuang sekitar 70 kantong, karena yang membutuhkan tidak terlalu banyak,"ucapnya.

Go to top