Kapal Milik Kemenhub Bocor,  Nyaris Tenggelam

Kapal Milik Kemenhub Bocor,  Nyaris Tenggelam

detakbanten.com, MERAK, - Kapal milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yakni Kapal Tugboat Jalak 1 yang sandar di eks dermaga kapal cepat atau di samping Dermaga I Pelabuhan Merak. Kapal yang sudah betahun-tahun dioperasikan itu diduga bocor sehingga akhirnya karam.

Informasi yang dihimpun, Tugboat Jalak 1 sebelum tenggelam, tidak pernah di operasikan sejak datang dari galangan kapal beberapa tahun silam.

Akibatnya, Tugboat Jalak 1 pun menjadi tidak terurus. Bahkan, banyak barang-barang yang ada di kapal tersebut hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dugaan adanya kebocoran itu membuat Tugboat Jalak 1 kemasukan air hingga akhirnya karam. Bahkan, bagian buritan kapal saat ini sudah tenggelam.

Kepala BPTD Wilayah VIII Banten, Nurhadi, membantah jika Tugboat Jalak 1 tersebut Karam. Dia mengatakan, kapal itu sengaja dipompa karena akan ditarik ke tempat lain untuk diamankan.

"Nggak, itu lagi dipompa mau diseret karena akan kita amankan. Saya sudah mengambil tempat untuk dititipkan, ada yang bersedia di daerah Bojonegara tanpa dibayar, kalau di galangan kan bayar, sedangkan kita nggak ada anggarannya," kata Nurhadi, Selasa ( 29/1/2019).

Meski demikian,  pihaknya tidak menampik jika Tugboat Jalak 1 mengalami kebocoran. Hal itu, kata dia, akibat banyaknya barang-barang yang ada di kapal hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Bocor karena banyak barang yang hilang dicuri, termasuk pendingin pipa-pipa itu dicabutin. Laporan polisinya ada," pungkasnya. 

Go to top