Sempat Bersitegang, Polisi Amankan Pemilihan Ulang Ketua RW Kalanganyer

Sempat Bersitegang, Polisi Amankan Pemilihan Ulang Ketua RW Kalanganyer

detakbanten.com Cilegon - Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 01 di Lingkungan Kalanganyer, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber berlangsung ricuh, pada Sabtu (7/2/2021) kemarin. Sejumlah warga mengamuk tak terima dengan hasil pemilihan RW yang telah berlangsung.

Keributan itu terjadi lantaran banyak suara yang tidak sah yang langsung disobek sehingga membuat salah satu pendukung tidak puas. Warga pun meminta agar pemilihan Ketua RW diulang dan dilakukan secara demokrasi yang melibatkan semua warga. 

Lurah Kedaleman, Jahuri mengatakan dari tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang diulang pemungutan suaranya hanya di TPS 01 yaitu di Lingkungan Kalanganyer.

"Ini proses pemilihan Ketua RW 01 Lingkungan Karanganyar, berlangsung kemarin dilanjutkan hari ini. Kemarin ada salah miskomunikasi aja, kenapa kita ada pengulangan,? supaya demi keamanan dan kebersamaan masyarakat. Cuman satu TPS saja yang dua TPS udah," kata Jahuri saat ditemui di TPS 01, di lapangan Kedaleman, Senin (8/2/21).

Diketahui dalam pemilihan RW tersebut terdapat dua kandidat calon, yakni nomor urut 01 Mahdum Sibli dan nomor urut 02 Busro dengan jumlah pemilih sekitar kurang lebih 1.500 jiwa.

"Jadi yang diulang ini yang sudah menyalurkan hak pilihnya yang kemarin kalau kemarin ngga kesini ngga bisa, walaupun berbagai alasan apapun, karena sudah kesepakatan saksi. Kalau total DPT 525 tapi yang menyalurkan itu 391. Dari tiga TPS, kurang lebih seribu lima ratus," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Cibeber AKP Chotidjah membenarkan bahwa kemarin memang sempat terjadi ketegangan antara kedua pendukung calon.

"Betul kemarin sempat ada ketegangan antara kedua pendukung, kita langsung bubarkan untuk menjaga kondusifitas dan menegakan prokes," katanya.

Selain itu, kata Kapolsek untuk penjagaan pemilihan ulang yang dilakukan di TPS 01 pihaknya menerjunkan puluhan personil.

"30 personil kita terjunkan dari Polsek Cibeber dan dari Tim Jawara Polres Cilegon 15 personil," tutupnya. (man)

 

 

Go to top