Sasar Warga Kurang Mampu, PT NS BlueScope Bangun Rumah Warga Cilegon

Walikota Cilegon Helldy Agustian menghadiri acara Penyerahan Rumah dan Toilet Sekolah di Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Kamis (30/9/2021). Walikota Cilegon Helldy Agustian menghadiri acara Penyerahan Rumah dan Toilet Sekolah di Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Kamis (30/9/2021).

Detakbanten.com Cilegon - PT NS BlueScope Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang industri baja lapis ringan ini menggandeng Habitat For Humanity Indonesia aktif menyasar masyarakat disabilitas yang membutuhkan bantuan. Tidak hanya bantuan perbaikan rumah, bahkan perusahaan ini pun membangunkan rumah baru bagi kaum disabilitas di Kota Cilegon.

"Kami menggandeng Habitat for Humanity Indonesia untuk program CSR kami. Dimana sasarannya adalah komunitas minoritas, disabilitas dan berkekurangan atau berpenghasilan tidak tetap," kata Direktur PT NS BlueScope Indonesia Irfan Fauzie, disela-sela acara Penyerahan Rumah dan Toilet Sekolah di Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Kamis (30/9/2021).

Menurut Irfan, inisiatif program ini muncul pada 2020 lalu, dimana pihaknya bersama Habitat for Humanity Indonesia ingin membantu perbaikan dan pembangunan rumah di Warnasari, Kota Cilegon. Dimana pihaknya melihat ada warga minoritas, sekolah, serta fasilitas lingkungan yang perlu didukung oleh perusahaan di Warnasari, Kota Cilegon.

"Kami bersama Habitat for Humanity merencanakan untuk memulai pembangunan tiga rumah dengan individual toilet untuk komunitas minoritas Desa Warnasari, renovasi sistem sanitasi SMP PGRI 2 Citangkil, tahap awal sosialisasi bank sampah serta pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," tuturnya.

Namun sayangnya, agenda tersebut tertunda lantaran adanya pandemi Covid-19 sejak Maret 2020, sehingga pihaknya mengalihkan kegiatan CSR berfokus pada pandemi.

"Kegiatan CSR kami arahkan kepada donasi berkaitan dengan Covid-19 seperti masker, sembako, tabung oksigen, selang, regulator dan konsentrator melalui PMI Cilegon dan CCSR. Hal ini dilaksanakan sebagai wujud nyata komitmen dan kepedulian kami dalam turut serta menjadi satu bagian dari keluarga Kota Cilegon sebagai rumah kami,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto mengatakan, pihaknya telah melakukan agenda yang sama dengan sejumlah industri lain di Kota Cilegon.

Dikatakan dia, melaksanakan kegiatan bantuan renovasi rumah memiliki tantangan tersendiri, khususnya ketika masuk era pandemi Covid-19.

"Program kerja sama CSR ini memang memiliki tantangan lapangan yang cukup besar, apalagi di masa pandemi Covid-19. Semua harus diundur hingga masa yang tidak dapat ditentukan sampai aman," ungkapnya.

"Tapi akhirnya program dengan PT NS BlueScope Indonesia dapat dijalankan di awal 2021. Dimana kegiatan ini memberikan dampak langsung dan tidak langsung kepada 250 keluarga, termasuk kelompok minoritas di Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon," sambungnya.

Walikota Cilegon Helldy Agustian mengapresiasi program tersebut, terlebih kegiatan ini dinilai selaras dengan program Rutilahu Pemkot Cilegon.

"Saya menyambut baik inisiasi-inisiasi ini. Adapun keselarasan program ini dengan Pemkot adalah renovasi Rutilahu," ujarnya.

Helldy berharap sinergitas program CSR ini dapat memberikan manfaat yang tepat guna dan sasaran bagi keluarga kurang mampu.

"Selain itu, apa yg dilakukan PT NS Bluescope Indonesia ini sebagai motor penggerak dan dapat diikuti industri lainnya dalam membantu Rutilahu melalui CSR di dekat lokasi industri berada," tandasnya. (man)

 

 

Go to top