Rem Blong Truk Bahan Kimia Tabrak Angkot

Rem Blong Truk Bahan Kimia Tabrak Angkot

detakbanten.com Cilegon - Truk tangki bermuatan bahan kimia menabrak angkot yang sedang terparkir di SPBU Grogol, Cilegon. Diketahui truk tersebut mengalami rem blong.

Kecelakaan lalu lintas itu, terjadi di dalam Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Grogol, Kota Cilegon, Senin (23/11/2020) sekitar pukul 11.30 WIB. Kecelakaan antara truk tangki kimia milik PT Bumi Merak Transportasion (BMT) dengan angkutan kota (angkot) jurusan Cilegon-Merak.

Informasi yang dihimpun, truk tangki milik PT BMT dengan nomor polisi (nopol) B 9329 BFU saat itu melaju dari arah Merak ke Cilegon. Sesampainya di SPBU Grogol, truk tangki mengalami rem blong kemudian pengemudi atas nama Didin Saprudin membanting stir ke kiri kemudian masuk ke pintu keluar SPBU. Di saat bersamaan, ada sebuah angkot yang sedang terparkir di sekitar pintu keluar SPBU Grogol.

Kecelakaan terjadi antara truk tangki milik PT BMT dengan angkot yang sedang parkir tak terelakan. Truk tangki kimia milik PT BMT baru berhenti saat menabrak angkot yang sedang parkir. Kemudian, truk tangki yang bermuatan kimia cair terguling. Masing-masing kendaraan mengalami kerusakan pada bagian depan kendaraan. Ceceran kimia berada di SPBU Grogol.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Cilegon AKP Ali Rahman mengatakan, akibat kecelakaan tersebut, dua kendaraan mengalami kerusakan. Satu orang mengalami luka-luka yaitu pengemudi truk atas nama Didin Saprudin. 

“Tabrakan antara truk tangki Pertamina dengan angkot satu korban luka sopir truk tangki. Saat itu, angkot sedang parkir, sopirnya tidak ada di dalam mobil,” kata Ali kepada awak media.

Ali menambahkan, proses evakuasi masih dilakukan. Tumpahan kimia cair ditutup dengan pasir. "Petugas kepolisian sudah mengamankan lokasi," terangnya. 

Kata Ali saat itu, truk bernopol B-9329-BFU yang dikendarai Didin Saprudin melaju dari arah Merak menuju Cilegon. Lalu setiba di tempat kejadian, mobil tiba-tiba oleng lantaran mengalami rem blong.

"Oleng dikarenakan rem blong kemudian membuang ke kiri ke arah pom bensin dan menabrak kendaraan Suzuki nopol A-1961-UV," kata Kasatlantas.

Sopir truk tangki mengalami luka-luka pascakejadian tersebut. Dua kendaraan yang terlibat kecelakaan tampak mengalami kerusakan di bagian depan.

"Maka atas kejadian tersebut Didin Saparudin mengalami luka lecet di tangan dan di kaki kanan," ujarnya.

Polisi dibantu petugas Damkar langsung mengevakuasi truk dengan posisi terbalik. Sedangkan arus lalu lintas di lokasi tidak mengalami kemacetan. (man)

Go to top