Pemkot Kucurkan Anggaran Covid-19 Rp 13 Juta untuk Masing-masing RW

Pemkot Kucurkan Anggaran Covid-19 Rp 13 Juta untuk Masing-masing RW

detakbanten.com Cilegon - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon akan mengucurkan anggaran penanganan Covid-19 di masing-masing Rukun Warga (RW) sebesar Rp 13 juta. Anggaran tersebut diberikan untuk operasional anggota satgas penanganan Covid-19 di tingkat RW untuk mengawasi masyarakat yang terpapar virus asal Tiongkok tersebut.

"Rp 13 juta per RW all operasional. Nanti dibuatkan juknisnya," kata Plt Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon Dana Sujaksani, Rabu (20/4/2021).

Dana mengatakan anggaran tersebut disalurkan melalui kelurahan terlebih dahulu kemudian baru ke masing-masing RW atau satgas penanganan Covid-19 di tingkat bawah.

"Kelurahan A misalnya dia dapat bantuan operasionalnya Rp 100 juta, itu Rp 15 juta buat operasional kelurahannya sisanya itu dibagi per RW yang ada di kelurahan itu," tuturnya.

Nantinya kata Dana para anggota satgas Covid-19 di tingkat RW tersebut mendapatkan tugas untuk memantau warga yang terpapar virus asal negeri tirai bambu itu.

"Contoh dia harus tahu di rumah itu ada yang positif tidak. Ketika ada yang positif apa tindakannya dari satgas RW, harus mensupport, memberikan edukasi, kemudian membantu satgas tingkat kelurahan, disana ada perawat, pokmas, mengedukasi, bila rumahnya tidak representatif  kita rujuk ke Trans Hotel (Hotel Isolasi Covid-19). Jadi ujung tombaknya RW ini," terangnya.

Untuk pengawasan penggunaan anggarannya, dan yang lainnya kata Dana akan segera dibuatkan juknisnya terlebih dahulu. 

"Juknisnya sedang dibuat oleh BPBD, BPKAD. Makanya ada juknisnya itu harus mengawasi semuanya," pungkasnya.

Dana juga mengingatkan agar satgas Covid-19 ditingkat RW tidak menyelewengkan anggaran tersebut karena bisa berakibat fatal.

"Berat, berat jangan main-main dengan anggaran covid ini, kalau berani menyelewengkan ini masalah," tegasnya.

Diketahui satgas penanganan Covid-19 ditingkat RW tersebut melibatkan RT/RW dan unsur masyarakat setempat. (man) 

Go to top