Minim SMP Negeri, Walikota Cilegon Akan Tambah di Setiap Kecamatan

Minim SMP Negeri, Walikota Cilegon Akan Tambah di Setiap Kecamatan

detakbanten.com Cilegon - Walikota Cilegon Helldy Agustian meminta Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon untuk menambah Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di setiap kecamatan yang ada di Kota Cilegon. Karena menurutnya SMP negeri sangat penting untuk masyarakat Cilegon.

 

"Tahun ini saya minta tolong ke kadis harus ada pembukaan SMP negeri, tahun ajaran baru harus ada," kata Helldy saat sidak ke Dindik Cilegon, Rabu (10/3/2021).

Menurutnya, sejak tahun 2008 sampai sekarang belum ada penambahan SMP Negeri di Kota Cilegon. 

"Kami minta tolong kabid terkait dan kepala dinas untuk mencari SD-SD yang bisa dijadikan SMP di setiap kecamatan. Kita akan lihat regulasinya seperti apa sehingga warga Cilegon bisa mengenyam pendidikan SMP nya. Agar Cilegon jadi generasi emas dan mampu bersaing dengan wilayah-wilayah lain di Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut, Helldy mengatakan untuk mensiasati bangunan yang ada untuk dijadikan SMP negeri, dirinya menyarankan agar SD yang jumlah siswanya sedikit agar dijadikan SMP negeri.

"Ngga harus baru, kita minta gedung-gedung yang siswa SD nya sedikit atau strategis letaknya bisa dijadikan SMP negeri," katanya.

"Kita minta Jombang, ada 24 SD negeri, smp negerinya cuma 1 itu dibangunnya tahun 58, minimal di Jombang 1 atau maksimalnya 2.

Citangkil 24 sd negeri, SMPN nya 1, di Grogol juga harus ada, Purwakarta juga harus ada. Kita malu sama Mancak, Mancak aja 3. Paling tidak per kecamatan nambah satu sekolah negeri," tandasnya.

 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon Ismatullah mengatakan, akan mempelajari terlebih dahulu pengubahan status SD menjadi SMP.

 

"Bisa SD yang siswanya sedikit digabungkan, bisa juga SD yang lokasinya memungkinkan untuk perluasan SMP Negeri yang dibangun. Untuk aturan marger akan kita tempuh, tapi akan kami selesaikan bertahap karena mekanismenya panjang," terangnya.

 

Lebih lanjut Mantan Kabag Kesra Setda Cilegon ini mengatakan, penekanan yang diberikan walikota untuk segera dibangun SMP Negeri yakni di Kecamatan Purwakarta dan Jombang. Namun, ia juga sudah mempersiapkan juga di Kecamatan Citangkil. 

 

"Kalau di Kecamatan Jombang rencananya ada dua, di Kelurahan Masigit dan Gedong Dalem. Untuk di Citangkil di SDN Wilikukun, Lebak Denok dan satu lagi yang sudah anggarannya SMPN 12 di Kecamatan Purwakarta," tandasnya. (man)

 

 

Go to top