Diduga Korsleting Listrik, Kantor Dishub Kota Cilegon Hangus Terbakar

Diduga Korsleting Listrik, Kantor Dishub Kota Cilegon Hangus Terbakar

detakbanten.com, CILEGON - Diduga Korsleting listrik, Lantai dua Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon hangus terbakar. yang berada di ruang Kasubdit Program Dishub Cilegon. Informasi yang berhasil dihimpun, terbakarnya Kantor Dishub Kota Cilegon itu terjadi sekira 06:30 WIB.

Saat petugas datang, kepulan asap hitam memenuhi ruang yang terbakar di lantai 2 tersebut. Pegawai Dishub yang sedang berada di lokasi langsung berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (Apar).

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon langsung menerjunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Sementara itu, pihak kepolisian langsung datang ke lokasi setelah api berhasil dipadamkan, untuk melakukan olah TKP guna mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

Plt Kepala Bidang Pencegahan DPKP Kota Cilegon, Pedrosio A Pinto menyatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak tiga unit pemadam kebakaran dalam proses pemadaman api.

“Kita dapat informasi laporan sekitar 7.20 WIB, kemudian kita langsung ke TKP, tiba pukul 7.30 WIB kemudian langsung melakukan penanggulangan. Api berhasil padam sekitar satu jam,” terangnya.

Pedrosio menuturkan dugaan sementara penyebab kebakaran dari korsleting Listrik yang berasal dari AC di ruang Program dan Sekretariat yang bersebelahan dengan ruangan Kepala Dishub Cilegon, Andi Affandi.

“Jadi awal kebakaran ini diketahui petugas dishub dan sempat memadamkan api menggunakan apar, namun karena kondisi yang sudah tidak memungkinkan sehingga tidak efektif menggunakan pemadam apar karena ruangan juga gelap dengan asap,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk mengeluarkan asap yang mengepul, petugas Damkar memecahkan kaca. Karena pada saat, proses pemadaman juga mengalami kesulitan lantaran tidak ada lubang angin untuk menyemprotkan air.

"Yang jelas itu memecah kaca untuk cari ruang untuk penanggulangan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Cibeber, AKP Muljadi mengatakan saat ini Tim Identifikasi dan Forensik Polres Cilegon tengah melakukan penyelidikan terkait kebakaran di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon. Sebab menurut dugaan sementara, kebakaran disebabkan korsleting listrik.

“Kebakaran terjadi di lantai dua. Diduga kebakaran akibat korsleting listrik di Ruang Program dan Sekretariat. Barang yang terbakar ada mabeler, meja, AC, komputer dan juga langit-langit. Sementara untuk dokumen dan data-data aman tidak terbakar,” ujar Kapolsek ditemui di lokasi, Selasa (29/1/2019).

Kapolsek menuturkan berdasarkan hasil pendataan, kerugian diperkirakan mencapai Rp100 juta. "Untuk sementara guna mengetahui penyebab pastinya sedang dilakukan penyelidikan,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dishub Kota Cilegon Andi Affandi mengatakan, akibat kebakaran ini pihaknya mengalami kerugian diperkirakan mencapai seratus juta rupiah. "Ya kerugiannya sekitar seratus jutaan lah," kata Andi.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun meja, kursi, AC dan beberapa dokumen yang ada di ruangan sekretariat Dishub Kota Cilegon hangus terbakar.

Akibat kebakaran itu, banyak dokumen penting milik Dishub yang hangus terbakar. Pihak kepolisian yang datang ke lokasi langsung melakukan olah TKP. Kerugian sementara akibat kebakaran itu mencapai Rp 100 juta. 

 

 

Go to top