TP4D Siap Mengawal Pembangunan Di Banten

detakbanten.com TANGSEL - Mulai efektifnya peran Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dalam mengawal proses pembangunan di Banten diklaim menurunkan angka korupsi secara drastis di Provinsi Banten, hal tersebut disampaikan Kepala Kejaksaan tinggi Banten Happy Hadiastuty, saat Sosialisasi Peningkatan Fungsi TP4D Sewilayah Hukum Kejaksaan Tinggi Banten dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Se-Dunia 2018, yang dilaksanakan di Grand Zuri Hotel, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (18/12/18).



Happy menjelaskan bahwa tugas TP4D yaitu mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya preventif dan persuasif baik ditingkat pusat maupun daerah sesuai wilayah hukum penugasan masing-masing, selain itu TP4D juga memberikan penerangan hukum di lingkungan Instansi pemerintah, BUMN, BUMD dan pihak lain terkait materi tentang perencanaan, pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, perijinan, pengadaan barang dan jasa, tertib administrasi dan tertib pengelolaan keuangan Negara.

Kajati mengatakan, TP4D dapat memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan program pembangunan dari awal sampai akhir serta melakukan koordinasi dengan aparat pengawasan intern pemerintah untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berpotensi menghambat, menggagalkan dan menimbulkan kerugian bagi keuangan Negara.

"Kami melakukan pengawalan dan pengamanan tapi bukan untuk bemper, tujuan kami agar pembangunan dirasakan oleh masyarakat," ujar Happy.

Untuk sinergitas antara TP4D dan Pemerintah daerah, dirinya meminta Pemda untuk transparan, namun menurutnya, jika tidak mengajukan permohonan TP4D tidak dapat melakukan pengawalan dimaksud.

Sementara Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengapreseasi TP4D yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik di Kabupaten Lebak, sehingga dapat bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi pekerjaan dan program pembangunan.

"Kami merasakan manfaat dengan keberadaan TP4D Lebak," Kata Ade Sumardi.

Untuk diketahui, selama tahun 2018 sudah 8 Organiasi Perangkat Daerah (OPD) Di Kabupaten Lebak yang didampingi oleh TP4D.

« January 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      
Go to top