Zoom Meting Bareng Wartawan, KPK Minta Pemda Transparan Soal Informasi Covid 19

Zoom Meting Bareng Wartawan, KPK Minta Pemda Transparan Soal Informasi Covid 19

detakbanten.com TIGARAKSA - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang menghadiri Undangan Publikasi program Penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Banten melalui video Conference dengan KPK, Diskominfo Provinsi Banten, Diskominfo Kab/Kota se Provinsi Banten dan para awak Media, Jumat (15/05/20), KPK Minta Pemda Transfaran soal penanganan Covid 19.

Koordinator Unit Kerja Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Asep Rahmat Suwandha mengucapkan, acara ini sangat penting untuk di laksanakan karna dengan acara ini kita dapat berkordinasi dan bekerjasama dalam keterbukaan informasi

"Saya berharap melalui forum ini masyarakat bisa lebih mendengar langkah-langkah dan kebijakan pemerintah agar informasi tersebut sampai kepada masyarakat" ucapnya

Asep Rahmat juga mengatakan, humas Pemda harus selalu meng-update agenda penanganan covid-19 di wilayah masing masing terutama informasi penyaluran bantuan sosial sebagai bentuk transparansi.

Selain itu, humas Pemda harus memanfaatkan website resmi Pemda dalam bentuk cross chek masyarakat terkait media lolal; Penggunaan sosial mainstream (Facebook, twiter, instegram) dimanfaatkan sebagai publikasi namun tetap website resmi sebagai media Utama publikasi kepada masyarakat.

Media lokal diharapkan peran aktif dalam Pengawasan pentaluran kepada masyarakat melalui publikasi pada media masing-masing dan Humas selalu berkoordinasi dengan media lokal.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang Tini Wartini juga mengatakan, di Kabupaten Tangerang sendiri untuk publikasi tentang Covid-19 kami terus informasikan melalui media sosial kami, kami juga sudah mempunyai Website untuk melihat Update perkembangan Covid-19 di Kabupaten Tangerang

Lanjut Tini, kami juga mempunyai pembaharuan di website kami yaitu bansos tunai yang bisa di temui di menu website tersebut, penambahan menu bansos ini agar masyarakat mengetahui mana saja yang menerima bantuan sosial secara tunai baik bantuan dari pusat dari Provinsi Banten ataupun dari Kabupaten Tangerang sendiri

"Kita akan terus mempublikasikan informasi covid-19 melalui media sosial, media cetak, media televisi dan radio Tangerang gemilang sehingga informasi dapat sampai kepada masyarakat" ucap Tini

Tini juga mengatakan, semoga kedepan kita semakin efektif dalam mempublikasi tentang Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin menyampaikan acara Publikasi program Penanganan Covid-19 yang melibatkan PRESS ini sangat bagus, apa lagi saat ini akibat virus corona perusahaan sangat terkena dampak.

Ia sangat berharap peran aktif pemerintah dan KPK dapat mendorong pemda untuk kerjasama publikasi penanganan corona dengan media. "Perusahaan media sangat berdampak dengan Corona19, dan kami sangat terancam kesehatannya, baik itu kesehatan wartawan dan juga perusahaan media untuk bisa bertahan dalam kondisi sulit," ujar sangki.

Sangki juga berharap, ada jaminan pemerintah baik pusat atau daerah dalam rangka menjalankan tugas pokok fungsi Pers Indonesia.

" Kami berharap ada jaminan pemerintah baik pusat maupun daerah, agar kami media bisa juga berjalan melaksanakan tugas sebagaimana biasanya, meskipun dibawah ancaman, karena adanya pembatasan belanja Media atau fublikasi media oleh pemerintah," imbuhnya.

Sementara Iday yang mewakili media online Kabupaten Tangerang mengatakan, soal transfaransi informasi publik terkait perkembangan kasus Covid 19 di Kabupaten Tangerang cukup mudah, karena selama ini, Pemkab Tangerang telah membuka situs, selain itu pejabat atau Jubir Gugus Tugas sangat mudah untuk diwawancara kapanpun.

" Alhamdulillah kami tidak kesulitan mendapatkan informasi terkait perkembangan dan penanganan Covid 19 ini," terang Iday.

Go to top