Bupati Minsel Kunjungi Bupati Serang Sharing Ilmu

Bupati Minsel Kunjungi Bupati Serang Sharing Ilmu

detakbanten.com, SERANG - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Tetty Paruntu melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Serang, Senin (8/7/2019). Bupati perempuan asal Provinsi Sulawesi Utara tersebut disambut langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah beserta sejumlah pejabat Pemkab Serang di Pendopo Bupati Serang.

Baik Christiany maupun Tatu, saling memaparkan kondisi dan potensi daerahnya masing-masing. Tidak banyak yang berbeda, Kabupaten Serang maupun Minsel punya potensi kelautan, perikanan, perkebunan, dan pertanian yang melimpah. Keduanya pun mengaku saling berbagi ilmu.

Saat pemaparan, Christiany mengatakan, mendapatkan banyak sumber tentang kemajuan Kabupaten Serang dari internet. Salah satunya, Bupati Ratu Tatu Chasanah dinilai berprestasi dan sukses membina BUMD sehingga pernah mendapat penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2019 dari Majalah Top Business April lalu. “Salah satunya, kami ingin belajar tentang BPR, yang sudah mendapatkan penghargaan. Ini yang kami ingin menggali lebih lanjut,” kata Christiany.

Ia mengungkapkan, belum mempunyai BUMD yang bergerak di bidang keuangan maupun badan perkreditan rakyat (BPR). “Kami ingin sesuatu yang baru. Mungkin nanti kami bisa buka cabang BPR ke desa. Selama ini kami kerja sama dengan bank,” ujarnya.

Christiany mengaku mendapatkan banyak pengetahuan serta saling berbagi ilmu dengan Tatu. “Kabupaten Serang di bawah kepemimpinan Ibu Tatu sangat sukses. Ibu Bupati Serang ini srikandi yang luar biasa,” ujarnya memuji.

Sementara Tatu menyatakan, seluruh pemerintah kabupaten yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) punya semangat dan komitmen yang sama dalam memajukan daerah masing-masing. “Kami punya potensi masing-masing daerah yang bagus. Kami saling bertukar ilmu dan pengalaman. Seperti kami Pemkab Serang pernah belajar ke Banyuwangi untuk dunia pariwisata,” ujarnya.

Tatu berharap, seluruh daerah yang tergabung dalam Apkasi bisa maju bersama untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. “Kami di Apkasi, saling support, saling menopang, saling mendukung, dan saling berbagi program. Kami berharap, seluruh kabupaten di Indonesia, saling bagus bersama-sama, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

BPR Serang juga meraih prestasi di ajang tersebut, yakni dinobatkan sebagai Top CEO dan Top BPD KU II 2019. Ternilai sebagai BUMD Kabupaten Serang yang terus meningkatkan capaian kinerja sangat baik.

Capaian kinerja BPR Serang atau Bank Serang terus membanggakan dengan laba yang terus meningkat setiap tahun. Pada 2016 tercatat laba sebelum pajak Rp 14,14 miliar, 2018 sebesar Rp 16,66 miliar, dan pada 2019 sebesar Rp 19,56 miliar.

Go to top