Aktusialisasikan Diri untuk Masyarakat

detakbanten.com Kota Tangerang-Kuliah bukan sekadar raih ijazah, tapi bagaimana mengaktualisasikan diri dan mengimplementasikan setiap ilmu yang diperoleh untuk kemaslahatan bagi masyarakat.

Pesan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, saat menjadi pembicara dalam Seminar Teknologi Informasi yang digelar civitas akademika STIMIK Raharja pada Sabtu (6/5/2017).

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara global adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat, kemudahan serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.

Berbagai aplikasi yang mengintegrasikan data dan informasi antar organisasi perangkat daerah serta untuk pelayanan kepada masyarakat seperti aplikasi Tangerang LIVE, Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK), Sistem Informasi Petugas Lapangan, telah menjadi rekan kerja yang turut membantu disetiap pelaksanaannya.

Bahkan, ke depan akan turut dikembangkan aplikasi Tangerang Smart City versi 3.0, yang berbasis geospasial, yang dapat men-Tracking atau melacak setiap kebutuhan ataupun kondisi yang ada dilapangan. Misalnya mau buat jalan lingkungan, bisa diukur berapa kebutuhan bahan materialnya. Dengan pelacakan dan pengukuran yang dilakukan aplikasi teknologi. Jadi yang dibawa ke lapangan, bahan materialnya sudah sesuai kebutuhan.

Melihat perkembangan TIK yang luar biasa pesatnya, wali kota mengajak masyarakat khususnya para mahasiswa jangan cuma menjadi penonton, namun bagaimana bisa menjadi inovator serta agen-agen yang dapat memberikan terobosan serta manfaat pada lingkungan khususnya untuk masyarakat dan pembangunan di Kota Tangerang.

Apalagi Pemkot Tangerang didalam melaksanakan pembangunan tentunya membutuhkan dukungan dan peran aktif masyarakat tak terkecuali dari kalangan akademisi untuk menuju pada masyarakat dan Kota Tangerang yang semakin maju dan sejahtera. Diantaranya dengan memanfaatkan keberadaan teknologi.

Melalui seminar dan kampus Stimik Raharja, Arief berharap, bisa lebih mengenalkan dan meluaskan wawasan peserta dan civitas akademika yang terkait bidang TIK dan setiap ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, kelak akan lahir para kreator ataupun para pengusaha sukses dibidang TIK yang karyanya dapat digunakan masyarakat tak hanya di Kota Tangerang akan tetapi secara nasional bahkan kalau bisa internasional.

"Terus perkaya ilmu dan aplikasikan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan secara personal maupun bagi kemaslahatan masyarakat dan Kota Tangerang," pesannya.

« October 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        
Go to top