Karena Corona Negara Merintih Kita Pun Sakit

DADANG HANDAYANI, SH..,MH Penulis adalah praktisi hukum Ketua Umum LBH- Anggrek Bulan Nusantara. DADANG HANDAYANI, SH..,MH Penulis adalah praktisi hukum Ketua Umum LBH- Anggrek Bulan Nusantara.
detakbanten.com OPINI - Ada banyak spekulasi terkait meluasnya wabah covid-19 datang ke Indonesia, begitupun simpang siurnya data yang diperoleh secara nasional dengan data yang diperoleh dari bawah yang disampaikan oleh masing-masing Kepala Daerah. 
 
Belum lagi informasi yang diperoleh melalui Whatsapp Grup (WAG) yang seolah-olah menunjukan informasi ter-up to date yang seakan informasi itu valid, semakin membuat kita selalu dihantui kecemasan teramat sangat karena dalam pikiran kita virus itu sudah dekat dan akan menimpa kita.
 
ORGANISASI Kesehatan Dunia atau yang lebih kita kenal World Health Organization (WHO) merupakan salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator umum internasional yang bermarkas di Jenewa, Swiss memiliki tanggungjawab  untuk memberikan arah dan kebijakan dalam penanganan kesehatan masyarakat dunia. 
 
Tugas WHO adalah membantu melakukan pembatasan terhadap penyakit menular, memberikan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang membutuhkan serta mendorong penelitian-penelitian dalam bidang kesehatan.
 
Mewabahnya covid-19 atau yang lebih populis dikenal dengan virus corona di belahan jagat dunia, salah satunya atas pernyataan WHO yang menyatakan sedikitnya lebih 200 negara sudah dinyatakan terpapar secara pandemi akibat virus tersebut. 
 
Himbauan itu tentu saja semacam alarm yang disampaikan WHO setelah wabah asal Wuhan, China tersebut telah menyebar ke beberapa negara. 
 
“Ini adalah pandemi pertama yang disebabkan oleh virus coronavirus,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah breffing di jenewea dikutip dari CNBC Indonesia.
 
Dari data yang diperoleh secara nasional pada tanggal 6 April 2020, Indonesia mengumumkan kasus positif covid-19 ada 2.491 kasus dari 32 Provinsi. Diantara jumlah tersebut, 209 berakhir dengan kematian dan 192 sembuh. Dari jumlah kasus tersebut DKI Jakarta yang terbanyak, diikuti oleh Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten. 
 
Tentu saja penanganan covid-19 bukan hanya menjadi musuh pemerintah saja akan tetapi menjadi musuh kita bersama, ya kita sebagai warga negara Indonesia yang harus memerangi wabah tersebut agar jangan sampai meluas.
 
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, data dari Badan Intelijen Negara (BIN), penyebaran virus corona di Tanah Air puncaknya pada Juli 2020. Data tersebut disampaikan Doni, dalam rapat kerja dengan Komisi IX melalui konferensi video, Kamis (2/4/2020). Berdasarkan data BIN, pada Juli 2020 penyebaran Covid-19 akan mencapai 106.287 kasus. 
 
"Puncaknya pada akhir Juni dan akhir Juli," kata Doni. 
 
Jika dijadikan pembanding, data BIN nampak terlihat konsisten, dalam data tersebut dituliskan kasus Covid-19 akan mengalami peningkatan dari akhir Maret sebanyak 1.577 kasus, akhir April sebanyak 27.307 kasus, 95.451 kasus di akhir Mei, dan 105.765 kasus di akhir Juni. Menurut Doni, terdapat 50 kabupaten atau kota prioritas yang memiliki risiko tinggi terkait peningkatan penyebaran virus corona dan 49 persen wilayah itu berada di Pulau Jawa. Kajian  BIN tentu saja menjadi penting untuk mengukur dan menentukan langkah-langkah pencegahan strategis agar penyebaran coronavirus tidak semakin meluas.
 
Guna menghadapai meluasnya coronavirus Presiden Jokowi sudah mengeluarkan berbagai macam peraturan yang seharusnya dipatuhi oleh warga negara. Beberapa kebijakan tentang stay at home, social distancing dan yang teranyar Peraturan Pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diberlakukan. Coronavirus menjadi musuh bersama, sudah saatnya kita meninggalkan ego sektoral untuk bersama-sama saling menguatkan dan mengingatkan begitu ganasnya penyebaran covid mematikan ini.
 
Kecemasan akan terjangkit coronavirus menghantui seluruh umat, tak pandang bulu baik si kaya maupun si miskin merasa cemas jika suatu saat, suatu waktu covid-19 bisa saja menyerang kita, keluarga kita, tetanggga bahkan anak-anak kita. Penyebaran corona tidak bisa dianggap enteng apalagi meremehkan. Berbagai himbauan baik oleh pemerintah maupun oleh alim ulama sepertinya semakin membuat negeri ini terasa lebih mencekam.
 
Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa terkait dengan keresahan umat islam yang akan menjalankan ibadah sepertinya membuat kita semakin terebelnggu dengan kebiasaan sehari-hari untuk beribadah di masjid. Fatwa MUI untuk menjalankan ibadah di rumah menjadikan masjid dan mushala menjadi kosong. Gambaran ini semakin menunjukan bahwa perluasan covid-19 makin hari semakin ditakuti. 
 
Dampak kebijakan social distancing, sejumlah masjid tidak lagi mengadakan sholat jumat berjamaah, namun ada juga yang tetap menjalankan ibadah sholat jumat tentu dengan tetap menjaga jarak.
 
Luar biasa wabah coronavirus yang kita alami bersama ini membuat kita semua menjadi sakit. Ya sakit psikis dengan melihat berita-berita di televesi yang setiap harinya memberitakan di setiap daerah meningkatnya orang yang terpapar virus tersebut. Belum lagi berita-berita liar melalui WAG membuat kita semula sehat menjadi sakit karena pikiran kita dihantui rasa cemas dan ketakutan yang amat sangat. Belum lagi disekeliling kita pada saat keluar rumah apabila mendengar sirine ambulance yang dikawal petugas kepolisian semakin menambah kecemasan sehingga nalar normalnya menjadi terganggu.
 
Pemberlakuan PSBB membuat kita tidak lagi bebas bertemu orang, tidak dapat menjalankan rutinitas bekerja seperti sehari-hari. Pemberlakuan bekerja di rumah berimbas kepada beberapa perusahaan terpaksa merumahkan karyawannya. Baru beberapa hari pandemi corona melanda, ternyata sudah mampu meluluhlantakan seluruh sektor per-ekonomian negara yang menjadi sendi dan urat nadi untuk membangun negara dan mensejahterakan rakyatnya.
 
Kita bisa apa? Negara sedang sakit, kita semua ikut sakit. Ya sakit psikis, mental dan semangat kita terganggu karena coronavirus. Lalu apa yang harus kita kerjakan untuk menangkal dan melawan virus mematikan ini, apakah harus pasrah dan menerima takdir? Tentu tidak boleh begitu saja kita hanya bisa pasrah karena itu kehendak Tuhan Yang Kuasa. Jalan satu-satunya adalah ikhtiar, karena sebagai manusia yang berakal kita diwajibkan untuk ber-ikhtiar.
 
Caranya bagaimana? Tentu semua berjalan dengan tugas fungsi dan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing orang. Tenaga medis yang menjadi ujung tombak penanganan covid-19 ini harus kita suport sepenuhnya. Begitupun dokter ahli terus mengembangkan bagaimana ini virus bisa menyebar dan bagaimana cara menghentikannya, begitupun peneliti terus melakukan ikhtiar dengan melakukan kajian tentang penyebaran coronavirus hingga dapat menemukan anti atau obat untuk menyembuhkannya.
 
Selain itu, peran alim ulama untuk menenangkan umat yang sudah paranoid dengan covid-19 sangat besar karena terkait dengan nilai ke-agaman dalam beribadah. Hadirnya MUI dalam mersepon berbagai persoalan yang berkembang diharapkan dapat menenangkan keresahan umat yang mulai goyah bagaimana untuk melakukan ibadah dan sebagainya. Yang lebih penting pada saat semua sakit, negara hadir untuk memberikan jaminan keamanan, kesehatan dan kecukupan pangan dalam memenuhi kebutuhan rakyatnya. Jika benar negara hadir baik melalui pemerintah pusat maupun pemerintah daerah diharapkan sakit ini akan terobati.
 
Kita sepakat mewabahnya coronavirus salah satunya merupakan teguran dari sang maha pencipta. Banyak pendapat bahwa ini azab yang Tuhan turunkan, ada juga bahwa  ini salah satu tanda-tanda kiamat, allahualambisawab semua bisa ya juga bisa tidak tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Akan tetapi lagi-lagi sebagai manusia yang lemah dihadapan sang pencipta, kita hanya diwajibkan ber-ikhtiar untuk menjaga, mencari dan menemukan jalan keluar agar seluruh umat, kita semua dapat melewati masa-masa situasi mencekam ini.
 
Ikhtiar bukan berarti melawan takdir, karena ikhtiar merupakan kewajiban kita semua untuk dapat berjuang melawan virus mematikan ini. Sebagai orang yang beriman, kita memahami bahwa tidak ada satu manusia yang dapat menghentikan takdir, jika Allah Swt berkehendak tidak ada yang sulit baginya untuk menjadikan apa yang ada dimuka bumi ini dilululantakan, begitupun bagaimana cara kita memohonkan kepada sang pemilik untuk minta perlindungan dan petunjuk agar pandemi covid-19 berakhir dan para ahli menemukan obat anti virusnya.
 
Bahwa Tuhan sudah memberikan petunjuk setiap penyakit dipastikan ada obatnya, begitupun dengan gembok, tidak mungkin gembok dibuat tidak disertai dengan anak kuncinya. Karena adigium itu maka kita tidak boleh kalah apalagi mengalah dengan covid-19 yang menakutkan ini. Kita lawan bersama-sam, kita nyatakan perang bersama untuk menghantam virus tersebut, tentu cara melawannya berbeda dengan peperangan di medan tempur terbuka. Perang kita adalah untuk mematuhi himbauan pemerintah yang sudah mengatur dan menerbitkan berbagai aturan untuk melindungi warga negaranya.
 
Percayakan penanganan coronavirus ini kepada ahlinya, biarkan dokter bekerja, para ahli medis dan peneliti mencari hingga menemukan penangkalnya. Alim ulama yang menjadi pegangan umat dalam menjalankan ibadah sudah mengatur dengan mengeluarkan fatwa. 
 
Sebentar lagi kita umat islam akan menghadapi bulan ramadhan, biarkan negara yang akan mengatur karena kita bernegara. Tidak perlu lagi diperdebatkan pelaksanaan tarawih di masjid atau di rumah, semua kita kembalikan kepada diri dan lingkungan kita, kalau aman baiknya berjamaah.
 
Perang kita adalah melawan diri kita sendiri, perang melawan kekesalan karena covid-19, perang terhadap pembatasan bekerja, perang terhadap kebijakan yang dirasa belum selaras dengan keinginan kita semua, dan yang paling urgent perang terhadap kebutuhan sehari-hari karena eknomi kita semua terganggu. Lalu apakah kita harus marah-marah, marah sama siapa? Marah sama Presiden, Gubernur, Bupati atau Walikota, situasi seperti ini tidak perlu saling menyalahkan, buang kesombongan dan memohon perlindungan Yang Maha Kuasa. .
 
Sekarang kita tidak perlu lagi berdebat lockdown, karantina wilayah atau isolasi kampung yang selama ini menjadi perdebatan antara pemerintah pusat dan daerah. Biarkan semua kita serahkan kepada para pemimpin yang berkuasa. Kita sepakat sebagian APBN maupun APBD dialokasikan untuk penanganan covid-19. Dipangkasnya beberapa anggaran tentu saja diharapkan dapat segera memulihkan ekonomi kita yang terancam terpuruk.
 
Rakyat perlu makan, dibeberapa daerah sudah ada rakyat yang mulai kelaparan. Tentu saja dengan hampir semua alokasi anggaran dipusatkan dalam penanganan covid-19, diharapkan negara benar-benar hadir untuk melindunginya. Jangan sampai dalam situasi segenting ini masih ada oknum pejabat yang bermain-main dalam anggaran bencana ini. Kita dukung peran negara melalui kementrian dan pemerintah daerah untuk menjalankan tugas dan fungsinya dan kita awasi pula jangan sampai anggaran yang begitu besar ada oknum yang menyalahgunakan.
 
Kita semua bersatu padu mengikuti keputusan politik negara agar kita semuanya bisa menjadi sebuah kekuatan karena kekuatan ini menjadi pendorong untuk meningkatkan moril bangsa. Negara kita sedang merintih, kita semua sedang sakit, kewajiban kita bersama bergandengan tangan melawan coronavirus. Ikuti saran pemerintah, karena kita bukan siapa-siapa dan tidak bisa apa-apa selain sama-sama berdoa dan mendoakan agar covid-19 berakhir, negara sembuh dan kita semua dinyatakan sehat, pergilah covid-19 sudah cukup korbanmu, terimakasih ya rabb engkau telah menegur kami semua.....
 
 
DADANG HANDAYANI, SH.MH
Penulis adalah praktisi hukum
Ketua Umum LBH- Anggrek Bulan Nusantara

 

 

Go to top