Dihantam Banjir, Jembatan Mancak Ambrol

Dihantam Banjir, Jembatan Mancak Ambrol

detakbanten.com LEBAK - Akibat hujan deras dan meluapnya sungai Cimadur, jembatan penghubung antara Desa Bayah Timur dan Desa Mancak, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak terputus, Sabtu (24/3/2018).

Kepala Desa Bayah Timur Agus Iyep Iswahyudi mengatakan, jembatan yang menghubungkan Desa Bayah Timur dan Desa Mancak dengan beberapa desa lainnya yakni, Desa Jatake, Desa Cisuren, Desa Mekarjaya dan Desa Suwakan pada bagian pondasi jembatan ambrol dan terputus akibat tergerus arus besar sungai Cimadur yang meluap.

"Kondisi jembatan ini terputus dikarenakan pondasinya yang ambrol, Kami mengkhawatirkan jembatannya juga bisa hanyut terbawa air sungai karena arus air sungai saat ini masih sangat deras," ujar Iyep.

Lanjut Iyep, jembatan sepanjang 50 meter dan lebar 3 meter tersebut, merupakan jembatan penghubung antara Desa Bayah, Desa Mancak, Desa Jatake, Desa Mekarjaya dan Desa Suwakan.

Hingga saat ini, beberapa warga yang biasa melintasi jalur jembatan ini tidak bisa melintasi jembatan ini terpaksa harus berputar lebih jauh ketika hendak menuju ke Bayah, sehingga mereka harus melalui jalur jalan Desa Suwakan atau melalui Desa Penggaranan.

Sementara itu Kapolsek Bayah AKP Sadimun membenarkan terkait terputusnya jembatan penghubung antara Desa Bayah Timur dan Desa Mancak tersebut.

"Sejak tadi malam hingga saat ini wilayah Kecamatan Bayah dan sekitarnya diguyur hujan yang tiada henti, sehingga hal ini mengakibatkan debit air sungai meningkat sehingga menggerus tanah yang berada dipinggir jembatan dan mengakibatkan pondasi jembatan menjadi ambrol dan tidak bisa dilewati kendaraan," ujar Sadimun.

 

 

Go to top