Endum Hudaemi, Mantan Buruh Sukses Bisnis Kuliner

Endum Hudaemi, pemilik Mie Ayam Baso Kapincut di Lebak. Endum Hudaemi, pemilik Mie Ayam Baso Kapincut di Lebak. Bogel

detakbanten.com LEBAK - Mantan buruh perusahaan di Tangerang, Endum Hudaemi (41) sukses berbisnis kuliner di Lebak. Bahkan, puluhan tahun bisnis kuliner di jalaninya sudah membuka beberapa cabang.

Jenuh menjadi buruh dirasakannya sebelum terjun membuka warung jus, bakso dan mie ayam 'Kapincut'. Bermodalkan dari uang tabungannya, tanpa lelah dan terus berinovasi hingga akhirnya membuka rumah makan dan beberapa cabang. Yakni, di Simpang Malingping, Kecamatan Malingping, Wanasalam dan Bayah.

Ketika ditemui detakbanten.com di lokasi usahanya Endum menuturkan, semua ini dilakukan dari niat tulus dan kerja keras. Meskipun awalnya, ia sama sekali tidak memiliki pengalaman sedikitpun dari bisnis kuliner.

"Awalnya sangat berat. Saya beberapa kali gagal dalam mengolah makanan ini. Tapi saya yakin akan dapat meraih sukses dibidang kuliner ini. Maka saya tidak menyerah dan terus berimprovisasi guna mendapatkan rasa dengan kualitas yang terbaik," ujar pria asal Wanasalam, Kabupaten Lebak ini.

Alumni SMKN 1 Rangkasbitung mengaku sudah 17 tahun menjalani bisnis kuliner. Saat ini omzet yang dihasilkanpun sudah mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya. Dan bisa mempekerjakan belasan orang karyawan. Bahkan untuk rumah makan di Simpang Malingping sudah menggunakan fasilitas free hotspot dan juga lesehan.

"Bagi Saya sukses itu tidak bisa diukur dengan nominal ataupun angka, karena kadarnya bagi setiap orang itu berbeda, namun bagi Saya bisa menciptakan peluang usaha bagi orang lain itu merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi Saya," tambahnya.

Lanjut Endum, dirinya hanya segelintir warga pribumi yang ingin memajukan wilayahnya dengan merubah pola pikir masyarakat bukan untuk menjadi pekerja tapi dengan berwirausaha adalah pilihan yang tepat dan telah dibuktikannya. Karena hal ini justru akan membantu pemerintah dengan mengurangi angka pengangguran yang ada dipelosok seperti dirinya dulu. Dirinya berharap dengan berwirausaha bisa mengangkat ekonomi masyarakat sekitar.

« January 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      
Go to top