Print this page

'Si Tangan Tuhan' Telah Kembali ke Tangan Tuhan R.I.P Diego Maradona

Diego Maradona. (net) Diego Maradona. (net)

Detakbanten.com OLAHRAGA - Dunia sepakbola harus berduka setelah kehilangan salah satu maestro lapangan hijau yang bernama Diego Armando Maradona.

Sebuah laporan dari surat kabar Argentina, Clarin dan Ole, mengklaim sebuah kabar yang sangat mengejutkan. Yaitu, Diego Armando Maradona meninggal dunia akibat serangan jantung pada hari, Rabu (25/11/2020) di usianya yang ke 60 tahun.

Seperti diketahui dalam beberapa tahun terakhir ini kondisi kesehatan Maradona memang tidak stabil. Pada awal November ini, Maradona baru saja menjalani operasi untuk mengatasi pembekuan darah di otaknya.

Maradona mengawali karir sepakbolanya diusia 16 tahun dan berkembang sebagai salah satu maestro lapangan hijau terhebat sepanjang masa. 

Selama menjadi pemain Maradona memperkuat sejumlah klub seperti Napoli, FC Barcelona, Sevilla, Boca Juniors dan Newell's Old Boys. Usai pensiun sebagai pemain ia melanjutkan karirnya sebagai pelatih Timnas Argentina, Racing Club, Dorados dan saat nafas terakhirnya Maradona masih menjadi pelatih Gimnasia de la Plata.

Pemain berkaki kidal ini memiliki puncak karir dari tahun 1980 hingga tahun 1990.  Ditahun 1986 Diego Maradona sukses mempersembahkan gelar juara dunia untuk negaranya Argentina usai mengalahkan Jerman Barat pada pertandingan Final dengan skor 3-2. 

Momen ikonik juga terjadi pada perhelatan Piala Dunia tahun 1986 dimana ia mencetak gol yang diberi nama "Gol Tangan Tuhan" ketika melawan Inggris pada pertandingan Perempat Final. 

Sepanjang hidupnya, Maradona mengoleksi satu trofi Piala Dunia, empat gelar Pemain Terbaik Dunia, juara Piala UEFA, dua kali juara Serie A, juara Piala Winners, juara Coppa Italia, juara Super Coppa Italia, juara Copa del Rey, juara Piala Super Spanyol dan juara La Liga. 

Selamat Jalan Diego Maradona