Items filtered by date: Thursday, 10 March 2022

detakbanten.com TANJUNGBALAI  - Dinas Sosial Pemerintah Kota Tanjungbalai melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), di Aula Dinas Pendidikan, Kawasan Gaharu, Tanjungbalai, Kamis (10/3/2022)

Published inSumatera
Thursday, 10/March/2022

DPRD Babel Gelar Rapat bersama OPD

detakbanten.com, BABEL - Pokok pikiran (Pokir) pimpinan dan anggota DPRD Bangka Belitung (Babel) mulai menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov), dan akan dimasukan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2023.

Published inSumatera

detakbanten.com TANGERANG -- Kejari Kabupaten Tangerang kembali melakukam pengusutan dugaan kasus penyelewengan bantuan program keluarga harapan (PKH) di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, hari ini (red), Kamis (10/3/2022) Jaksa Tigaraksa memanggil dua saksi yang merupakan pendamping PKH.

Published inKabupaten Tangerang

Detakbanten.com, TANGERANG -- Untuk mencegah terjadinya penyimpangan dana desa, Kejari Kabupaten Tangerang menggelar sosialisasi di Aula Kantor Kecamatam Tigaraksa, Kamis (10/3/3/2022), acara tersebut dihadiri 55 Kepala Desa di 5 Kecamatan. Ke 55 Desa teraebut yakni, Kepala Desa Pasir Bolang, Kepala Desa Cisereh,Kepala Desa Pasir Nangka,Kepala Desa Pematang, Kepala Desa Pete, Kepala Desa Tegal Sari,Kepala Desa Matagara, Kepala Desa Margasari, Kepala Desa Sodong, Kepala Desa Tapos,Kepala, Desa Bantar Panjang,Kepala Desa Cileles.

Published inKabupaten Tangerang

Detakbanten.com BISNIS - - Pagelaran busana paling bergengsi, Paaris Fashion Week 2022 saat ini hangat diperbincangkan di Indonesia, lantaran banyak brand tanah air yang mengklaim mengikuti Paris Fashion Week (PWF).

Published inBisnis

Detakbanten.com, TANGERANG -- Untuk mencehah Covid jenis Varian Omicron, Tiga Pilar Kecamatan Panongan melaksanakan gebrak masker dan imbauan kepada masyarakat tentang PPKM level 3 yang masih berlaku di Kabupaten Tangerang, acara tersebut digelar pada. Kamis (10/03/2022).

Published inKabupaten Tangerang

Detakbanten.com, BANTEN -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus melakukan upaya penanganan stunting melalui Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS). Tim lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu melaksanakan penanganan stunting melalui kewenangan masing-masing merupakan tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Saat ini, berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Banten, saat itu di wilayah Provinsi Banten terdapat 10.643 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang tersebar 8 Kabupaten/Kota. Operasional Posyandu itu didukung oleh 53.214 kader.

Seperti diungkap oleh Kepala DPMD Provinsi Banten Enong Suhaeti, pembinaan dan pelatihan penanganan stunting dilakukan kepada kader Posyandu dan kader PKK. Selain itu, pihaknya juga memfasilitasi sarana dan prasarana dalam pelayanan Posyandu.

“Untuk insentif kader Posyandu, bisa dialokasikan dari Dana Desa. Sehingga tergantung hasil Musyawarah Desa,” jelas Enong.

Dikatakan, pihaknya akan terus menjalin dan melakukan koordinasi, sinergitas, dan harmonisasi dengan Forum Kader Posyandu baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, mengakomodir bantuan hibah Forum Kader Posyandu, serta pembinaan kepada kader Posyandu dan kader PKK untuk menekan stunting.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten, Siti Ma’ani Nina mengungkapkan, penekanan angka stunting menjadi program prioritas, mengarah kepada intervensi berbasis keluarga beresiko stunting dengan menekankan pada penyiapan kehidupan berkeluarga, pemenuhan asupan gizi, perbaikan pola asuh, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan dan peningkatan akses air minum dan sanitasi.

Dalam rangka percepatan berbasis keluarga dibentuk Tim Pendamping keluarga (TPK) terdiri dari unsur Bidan, kader pmk dan kader IMP. Penurunan stunting menitikberatkan pada penanganan penyebab masalah Gizi, yaitu faktor yang berhubungan dengan ketahanan pangan khususnya akses terhadap pangan bergizi (makanan), lingkungan sosial yang terkait dengan praktik pemberian makanan bayi dan anak (pengasuhan), akses terhadap pelayanan kesehatan untuk pencegahan dan pengobatan (kesehatan), serta kesehatan lingkungan yang meliputi tersedianya sarana air bersih dan sanitasi (lingkungan). Ke empat faktor tersebut mempengaruhi asupan gizi dan status kesehatan ibu dan anak, hal ini akan mencegah masalah kekurangan gizi.
Kunci percepatan penurunan angka stunting yakni Intervensi penurunan stunting terintegrasi dengan pembagian peran dan tanggung jawab antara pemerintah pusat, pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten/kota sampai dengan pemerintahan Desa.

Dijelaskan, terdapatnya perbedaan data antara SSGI dan e-PPGBM. SSGI adalah Studi Status Gizi Indonesia yang merupakan survei berskala Nasional untuk mengetahui perkembangan status gizi balita (stunting, wasting, dan underweight) tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Sedangkan e-PPGBM merupakan Aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat.

Berdasarkan SSGI Tahun 2021 prevalensi stunting Provinsi Banten pada tahun 2021 sebesar 24,5. Sementara berdasarkan e-PPGBM prevalensi stunting Provinsi Banten pada tahun 2019 sebesar 15,43, tahun 2020 sebesar 10,38, dan pada tahun 2021 sebesar 7,4.

“Berdasarkan hasil penginputan e-PPGBM Persentase Stunting pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 sudah ada penurunan tetapi tetap harus dilihat cakupan yang diukur berdasarkan sasaran yang ada. Dan sudah dibawah target 2021, 21.1%,” pungkasnya. (red)

Published inBanten

detakbanten.com, TANGSEL - Pihak mal Teraskota saat dikonfirmasi dugaan pelanggaran jam operasional yang dilakukan outlet di mal tersebut melalui call center oleh Wartawan detakbanten.com malah menanyakan apakah tidak tahu siapa yang punya mal yang terdapat di Serpong tersebut.

Published inTangsel

Detakbanten.com WOOW -- Pagelaran event musik rock international JogjaROCKarta Festival akan kembali dihelat ditahun ini pada 24-25 September 2022 di Landasan Udara (Lanud) Gading Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Published inWoow

Detakbanten.com WOOW -- Doni Salmanan Influencer asal Bandung kini resmi dijadikan tersangka dalam kasus binary option yang berkedok trading dari platform Quortex. Doni diduga melakukan tindak pidanan penipuan dan pencucian uang (TPPU).

Published inWoow
Page 1 of 2

 

 

Go to top