Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Minta Dinkes Serius Tangani Wabah Difteri

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Mad Lomri Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Mad Lomri Iday

Detakbanten.com KAB. TANGERANG - Dalam Sebulan saja tepatnya Oktober 2017 wabah Difteri serang 14 balita, empat dinyatakan meninggal dunia. Sisanya masih dalam perawatan di RSU Tangerang.

Melihat kondisi tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Mad Lomri berharap agar korban yang masih dalam perawatan di RSU Tangerang bisa ditangani semaksimal mungkin. "Semoga wabah ini tidak menyebar ke wilayah lain, kami minta agar pihak RSU Tangerang bisa memaksimalkan pelayanan kepada pasien," katanya pada Jum'at, (3/11/2017).

Tak hanya pihak RSU Tangerang, sambung Mad Lomri, Dinas Kesehatan juga diminta untuk memantau secara langsung ke wilayah endemik difteri agar penyebarannya tidak meluas. "Jika penyakit menular dan mematikan itu tak ditangani serius maka akan lebih banyak warga Kabupaten Tangerang yang terinfeksi. Saya harap tidak ada korban lagi,” ujar Politisi Golkar itu.

Baca juga: Empat Balita Meninggal, Kabupaten Tangerang Waspada Difteri

Sementara, Direktur RSU Kabupaten Tangerang Naniek Isnaini mengatakan, kasus Difteri pertama kali ditemukan pada 16 Oktober 2017. Penderita penyakit yang mudah menular itu kemudian bertambah dengan cepat. Jumlah penderita penyakit difteri di Kabupaten Tangerang terancam terus bertambah. Sebab, penyakit yang ditimbulkan bakteri Cornynebacterium Diphtheriea tersebut sangat mudah menular kepada manusia melalui udara yang dihirup dan percikan ludah. “Jika tak mendapatkan penanganan serius, kemungkinan ledakan wabah difteri tinggi,” ujar mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang itu.

Untuk itu Naniek menyarankan agar dilakukan penanganan serius di lokasi yang menjadi tempat tinggal penderita difteri untuk memantau masih ada tidaknya warga yang terinveksi penyakit berbahaya ini. “Seluruh tetangga yang dekat dengan rumah pasien, keluarga atau kerabat yang pernah menjenguk, harus diperiksa apakah terinveksi penyakit difteri atau tidak,” pungkasnya.

Baca Juga: PAN Resmi Pasangkan Zaki dan Mad Lomri

Go to top