Print this page

Hasil Rekrutmen Panwascam Kabupaten Tangerang Disoal

Hasil Rekrutmen Panwascam Kabupaten Tangerang Disoal

detakbanten.com KAB. TANGERANG - Rekrutmen panitia pengawas Kecamatan ( Panwascam) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu oleh panitia pengawas Kabupaten (Panwaskab) Kabupaten Tangerang menuai protes dari komite independen pemantau pemilu (KIPP).

Ketua KIPP Zulfikar dalam keterangan resmi yang diterima redaksi Detakbanten.com, mencatat ada empat kejanggalan dalam rekrutmen panwascam diantaranya adalah tindakan nepotisme yang dilakukan oleh komisioner Panwaskab. Selain itu  Panwaskab dinilai inkonsisten, karena melanggar dari apa yang menjadi keputusan Panwaskab, pada saat itu kata Zulkifikar Panwaskab berkomitmen untuk tidak meluluskan calon panwascam jika pada saat wawancara tidak membawa surat keterangan bebas narkoba. "Ada beberapa Panwaskab yang tidak membawa surat bebas narkoba namun tetap lulus dan masuk tiga besar," katanya.

Zulfikar menjelaskan, jika penyelenggara saja sudah tidak konsisten dalam memutuskan kebijakan, makanya akan sulit terealisasi pesta demokrasi yang kredibel dan berlegitimasi.

Hal senada dikatakan Ade Maliki salah seorang peserta Panwascam asal kecamatan Sukamulya yang tidak lulus seleksi. Ade menilai adanya kejanggalan dalam rekrutmen panwascam. "Kami akan melaporkan kejanggalan ini ke Bawaslu Banten," terangnya.

Sementara, Ketua Panwas Kabupaten Tangerang Muslik membantah jika dalam rekrutmen Panwascam dilakukan tidak sesuai prosedur, menurut pria asal Kecamatan Mekar Baru ini Panwaskab sudah melaksanakan rekrutmen sesuai dengan petunjuk teknis ( juknis ). Seluruh fase tahapan rekrutmen Panwascam sudah dilakukan terbuka, mulai dari pengumuman, seleksi adminiatrasi, tanggapan maayarakat, hingga tes tulis.

"Panwaslu Kabupaten Tangerang  berterima kasih kepada publik yang telah urun rembug memberi tanggapan atas hasil seleksi. Temuan KIPP tersebut akan kami jadikan referensi dalam melakukan pembinaan dam supervisi terhadap personel dan kinerja Panwascam terpilih," tandasnya.