Dukungan Calon Independen Pilkada Kabupaten Tangerang 131.449 Suara

Rapat pelno KPU Kabupaten Tangerang Rapat pelno KPU Kabupaten Tangerang Iday

detakbanten.coKAB. TANGERANG - Batasan minimal dukungan calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang melalui jalur independen atau perseorangan harus sebanyak 131.449 suara.

Jumlah tersebut ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang usai rapat pleno pada Minggu, (10/9/2017). Komisioner KPU Ali Zaenal Abidin mengatakan, batas minimal dukungan bagi calon independen pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tangerang Tahun 2018 yang ditetapkan KPU tersebut berjumlah 131. 449 suara. Batas minimal berdasarkan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017.

"Acuan KPU dalam menetapkan batas minimal dukungan bagi calon independen pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tangerang Tahun 2018 adalah pemilu terdekat yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang digelar pada 2017 lalu. Karena saat itu jumlah DPT yang ada sebanyak 2.022 juta maka 6,5 persen dari jumlah DPT tersebut sebanyak 131.449 suara," kata Ali.

Selain itu lanjut Ali, sebanyak 131.449 suara yang mendukung calon calon independen pun haruslah tersebar di 50 persen Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang. "Karena jumlah kecamatan di Kabupaten Tangerang berjumlah 29 kecamatan, maka jumlah dukungan kepada calon independent yang ada tersebar di minimal 15 kecamatan di Kabupaten Tangerang," terangnya.

Selain menetapkan batas minimal dukungan bagi calon independent pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tangerang Tahun 2018, KPU Kabupaten Tangerang juga menetapkan batas minimal dukungan dari partai politik atau gabungan. Parpol bisa mengusung calon bupati dan wakil bupati jika sedikitnya memiliki 10 kursi di DPRD Kabupaten Tangerang.

"Karena jumlah kursi di DPRD Kabupaten Tangerang sebanyak 50 kursi maka Parpol yang boleh mengusulkan adalah partai yang memeliki 10 kursi. Jika kurang mereka harus bergabung dengan partai lainnbya sehingga jumlah kursinya memenuhi syarat," pungkasnya.

Go to top