Print this page

Ibu Presiden Kunjungi Kampung Sejahtera di Kabupaten Tangerang

Ibu Presiden Kunjungi Kampung Sejahtera di Kabupaten Tangerang

detakbanten.com Kab. Tangerang - Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dan istri menyambut kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Kampung Pintu Air, Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang pada Rabu, (2/8/2017).

Di Desa Kohod, Iriana Joko Widodo meninjau langsung berbagai fasilitas penunjang yang telah dibangun di desa tertinggal tersebut seperti Posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini, Rumah Instan Sederhana Sehat, kebun bibit, lapangan bulu tangkis, sanitasi, jalan desa Dan rumah ibadah

Yuli Zaki Iskandar yang mendampingi Iriana Jokowi saat meninjau Desa Kohod mengatakan, kunjungan Iriana Jokowi ini meresmikan sekaligus memastikan program Kampung Sejahtera yang dicanangkan oleh Ibu-ibu Kabinet Kerja/ Oase berjalan dengan baik.

Yuli menjelaskan, Desa Kohod selama setahun ini menjadi perhatian Oase Cinta beserta Pemprov Banten dan Kabupaten Tangerang. Beberapa masalah yang perlu dibenahi mulai dari infrastruktur, kesehatan, pengelolaan sanitasi dan partisipasi warga terhadap desa tertinggal ini sudah dilakukan sejak tahun 2016.

Kata Yuli, dipilihnya Desa Kohod oleh Oase sebagai Kampung Sejahtera lantaran desa itu dekat dengan Jakarta sebagai Ibukota Negara. Dulu sebelum dicanangkan sebagai kampung sejahtera, kondisisnya sangat memprihatinkan. Di mana saat dilakukan pendataan, terdapat 90-an rumah kumuh, infrastruktur jalan desa yang buruk, persoalan sanitasi dan lahan pertanian yang tidak bisa digarap masyarakat setempat.

"Setelah dilakukan pembinaan, sekarang desa ini menjadi model kemandirian tingkat desa. Dulu terbelakang, sekarang warganya sedikit-sedikit sadar akan kesehatan dan kesejahteraanya," terangnya.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengatakan, penetapan Desa Kohod sebagai percontohan desa sejahtera atas inisiatif para isteri menteri di Kementerian yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja. "Mereka menunjuk Kohod sebagai kampung cinta binaan Oase," ucap Zaki.

Sejak 2016 ditetapkan sebagai kampung cinta binaan Oase, Desa Kohod bersolek. Infrastruktur dasar desa itu diperbaiki, jalan kampung dan jalan setapak yang berada di desa itu yang dulu rusak, kini sudah dibeton dan di konblok. Perbaikan sanitasi dan akses air bersih bagi warga serta bedah rumah warga yang tak layak huni telah dilakukan. "Banyak pihak yang terlibat disini," kata Zaki.

Menurutnya, penataan ulang Desa Kohod ini merupakan kerjasama antara para isteri menteri, kementerian terkait seperti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertanian, Pembrov Banten dan Kabupaten Tangerang

"Memang kita tidak bisa mengubah seketika, tetapi perilaku hidup bersih dan sehat harus jadi kebiasaan. Untuk itu diperlukan sosialisasi terus menerus," pungkasnya. (Suk/Kominfo)