Begini Penjelasan Kadinkes Kabupaten Tangerang Soal Warga Sepatan Meninggal Dunia

Begini Penjelasan Kadinkes Kabupaten Tangerang Soal Warga Sepatan Meninggal Dunia

detakbanten.com Kab.Tangerang - Menanggapi tuntutan warga soal kierja Puskesmas Sepatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desriana Dinardinanti akhirnya buka suara.

Desriana pun memaparkan kronologis meninggalnya atas pasien M warga Permata Sepatan. Pada Minggu, (4/6/2017) Ny.M diantar kakaknya datang ke Puskesmas Sepatandengan keluhan sesak napas. Petugas Puskesmas Sepatan mengumpulkan sejumlah data dari rekam medik atas nama pasien dan informasi dari pihak keluarganya.

Saat kejadian kondisi pasien usia kehamilan memasuki 37 minggu, pasien mengeluhkan tangan dan kaki bengkak, tekanan darah meningkat 140/110 mmgH, protein
urine {+2} serta sesak napas. Kemudian pasien segera dirujuk ke RS.
Melihat kondisi dan keluhan pasien, maka kedua petugas puskesmas saat itu memutuskan untuk merujuk pasien ke RS. Petugas tidak dapat merujuk pasien dengan Ambulance Puskesmas Sepatan karena petugas dan kendaraan sedang dalam perjalanan merujuk pasien lain. Akhirnya, keluarga pasien membawa Ny. M ke Klinik Medika. Dan tidak berselang lama pasien dinyatakan meninggal secara medis.

"Dengan adanya kejadian ini kami sangat menyesali dan menyesalkan, kami akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Tangerang, semoga kejadian seperti ini tidak kembali terulang dikemudian hari dan menjadi pelajaran berharga bagi kami," katanya.

Sementara Kepala Puskesmas kecamatan Sepatan Elni Handayani mengemukakan, penjelasan ini diharapkan tidak membuat kesimpang siuran semakin meluas. Atas kejadian ini akan menjadi evaluasi agar Kedepan lebih baik lagi. "Kita akan minta tambahanmobil ambulans sarana dan prasarananya akan kita tingkatkan. Dengan adanya ini kita akan terus berupaya melakukan evaluasi. Kami pun menyesali kejadian ini ini akan jadi pelajaran untuk kami dan tidak akan terulang kembali kejadian ini dikemudian hari," tandasnya. (Dayat/Infokom)

Go to top