Bappeda Kaji Pembangunan Master Plan Leachead TPA Jatiwaringin

Kabid  Fasilitas Umum  dan Lingkungan Hidup Bappeda Kabupaten Tangerang Aripudin Kabid Fasilitas Umum  dan Lingkungan Hidup Bappeda Kabupaten Tangerang Aripudin Dayat

detakbanten.com KAB.TANGERANG - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang sedang mengkaji master plan leachead TPA Jatiwaringin. Rencanaya pada anggaran perubahan tahun 2017 akan dianggarkan sebesar Rp1 miliar.

Keputusan untuk mengkaji pembuatan kolam leachead atau biasa disebut air lindi. Karena kondisi pengolahan TPA Jatiwaringin dikeluhkan warga. Ribuan kubik volume sampah yang dibuang ke TPA Jatiwaringin tersebut menimbulkan dampak pada lingkungan disekitar. Air dari resapan sampah tersebut mengendap dan menimbulkan pencemaran tanah.

Kabid Fasilitas Umum dan Lingkungan Hidup Bappeda Kabupaten Tangerang Aripudin mengatakan saat ini sedang ada wacana membuat Master plain TPA (leachead). Wacana master plan tersebut sangat dibutuhkan karena rencananya pengelolaan sampah akan dikerjasamakan dengan pihak swasta. "Hasil dari analisa satker penyehatan lingkungan pemukiman (PLP) Kemenpupera perwakilan Banten memberikan analisa sekitar Rp1 miliar anggaran yang dikeluarkan untuk pembuatan master plan tersebut," katanya pada Jumat, (2/5/2017).

Aripudin menambahkan, dalam waktu dekat kabiro dari kementerian akan memberikan pemaparan dihadapan Bupati Tangerang tentang rencana pembangunan master plan TPA. Kabiro dari Kementerian, kata Arip akan memberikan rekomendasi kepada Pemkab Tangerang tentang perusahaan mana saja yang memiliki kompetensi untuk membuat analisa dan kajian penyusunan master plan dan DED TPA Jatiwaringin tersebut. "Kami berharap permasalahan sampah di Kabupaten Tangerang bisa diatasi karena tingkat pertumbuhan penduduk di Kabupaten Tangerang mengalami peningkatan," pungkasnya. (Dayat/Infokom)

Go to top