Zaki Jadi Narasumber South East Asia Leader Summit 2017

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Dayat

detakbanten.com Kab. Tangerang - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar ditunjuk menjadi salah satu Narasumber dalam Southeast Asia Leader Summit (SEALS) 2017 yang diselenggarakan di Gedung Nusantara Komplek DPR/MPR RI Jakarta pada Selasa, (11/4/2017).

Kepala Dinas Infokom Kabupaten Tangerang Soma Atmaja mengatakan, SEAL 2017 ini mengangkat tema Empowering Young Leaders for Better Innovative Ideas Through Economic and Entrepenurship. Kegiatan ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh The Institute of Democracy and Education (IDE) Indonesia yang dirancang untuk melahirkan calon pemimpin bangsa.

"Mereka dibekali ilmu oleh para narasumber seperti tokoh politik, kepala daerah, pengusaha, cendikiawan, seniman, akademisi. Para delegasi diharapkan mampu menciptakan program-program inovatif aksi nyata untuk diimplementasikan sesuai kepentingan bangsa," katanya.

Bupati Tangerang Ahmad Zaki mengatakan, SEALS 2017, mendorong generasi muda menjadi pengusaha untuk meningkatkan kualitas ekonomi nasional. Apalagi dalam era globalisasi, peran pemuda merupakan aktor yang harus mampu menciptakan nilai tambah bagi bangsa. Solusi untuk memajukan ekonomi nasional bukan hanya dengan menyiapkan fundamen makro ekonomi yang kuat serta iklim investasi yang kondusif. Namun juga perlu program untuk mendorong tumbuhnya banyak pengusaha profesional yang lahir dari IDE di Indonesia.

"Saat ini Pemkab Tangerang tengah berupaya untuk melakukan pembenahan, penataan , berkaca dari pengalaman ini lah kami menularkan kepada semua peserta untuk lebih meningkatkan kompetensi atau kemampuan agar berguna bagi kepentingan masyarakat," ujar Zaki.

Zaki menambahkan, saat ini membutuhkan peran aktif dari pemuda melalui penumbuhan jiwa dan semangat entrepreneurship. Jiwa kewirausahaan tidak saja untuk membantu perekonomian masyarakat, tetapi yang lebih penting adalah menggerakkan ekonomi nasional agar tercipta kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat.

"Saya berpesan kepada generasi muda mari jadi pemimpin sejak muda dimulai dengan menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri terlebih dahulu. Kenali diri kita dan kita kembangkan terus dan yang paling terpenting harus disiplin, sama halnya dengan memimpin sebuah daerah perlu Harus disiplin transparan dan bangun sistem yang baik dan terencana serta didukung dengan komunikasi yang baik pula maka kita akan meraih hasilnya," terangnya.

Sementara Ketua Pelaksana SEALS, The Institute of Democracy and Education (SEALS IDE) 2017 Ahmad Faisholin mengatakan, pemuda masa kini harus mempunyai visi dan misi hidup yang terukur dan terarah. Pemuda harus cerdas dalam segala hal, dari pola pikir yang terkonstruktif dan punya networking (jaringan) yang luas.

"SEALS merupakan serangkaian pelatihan kepemimpinan bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya agar dapat bermanfaat bagi lingkungannya masing-masing, Melalui Southeast Asia Leaders Summit pemuda akan diberi pelatihan di bidang pendidikan dan demokrasi," pungkasnya.

Diketahui, pada acara tersebut Zaki didapuk menjadi salah satu key note speaker (pembicara utama) bersama dengan Setya Novanto, Fadli Zon, Dede Yusuf, Dino Patti Djalal, dan yang lainnya. Adapun peserta terdiri dari 120 delegasi SEALS se-Indonesia dan ASEAN serta perwakilan dari seluruh Indonesia. (Dayat/Kominfo).

 

 

Go to top