Print this page

Pelaku Modus Ganjal ATM dengan Tusuk Gigi Dibekuk

Barang bukti kejahatan modul anjal ATM. Barang bukti kejahatan modul anjal ATM. Khanif

detakbanten.com Kota Tangerang - Dua pelaku pencurian kartu ATM, AS dan HQ yang beraksi di Kota Tangerang ditangkap aparat kepolisian Polrestro Tangerang. Dalam aksinya, pelaku menggunakan tusuk gigi untuk mengganjal mesin ATM yang pura-pura membantu korban.

 "Modusnya mereka menunggu korban di ATM di wilayah Kampung Melayu, Teluknaga, Kabupaten Tangerang. AS bertugas berada di belakang korban. Sebelumnya mesin sudah diganjal dengan tusuk gigi sehingga tidak bisa digunakan, lalu berpura-pura membantu korban. Saat korban lengah lalu kartu ATM korban ditukar," kata Wakapolres Metro Tangerang, AKBP Erwin Kurniawan pada Selasa (4/4/2017).

 Setelah AS berpura-pura membantu korban, HQ yang berdiri di belakang korban bertugas mengintip pin ATM korban. "Di belakang korban ada HQ yang mengintip pin korban, lalu di SMS ke AS dan ditarik di tempat lain," lanjutnya.

Keduanya melakukan aksi tersebut pada 31 Maret lalu. Korban melapor ke petugas keamanan di lokasi saat sadar kartu ATM-nya ditukar. Polisi yang mendapat laporan itu langsung melakukan pengejaran dan menangkap kedua pelaku tak jauh dari lokasi kejadian. Polisi juga menembak AS karena mencoba kabur setelah diberi tembakan peringatan.

 "Saya yakin mereka beroperasi sudah lama. Mungkin operasional tidak hanya di Tangerang. Dari Polsek Teluknaga diketahui mereka sudah beraksi satu tahun lebih," lanjut Erwin.

 Dari tangan tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa uang tunai Rp6,2 juta, satu unit mobil, puluhan kartu ATM, dan potongan tusuk gigi yang digunakan pelaku dalam aksinya. Keduanya kini dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.