Print this page

PEMERINTAH PUSAT APRESIASI PEMPROV BANTEN ATAS KOMITMEN MAJUKAN BIDANG PENDIDIKAN

PEMERINTAH PUSAT APRESIASI PEMPROV BANTEN ATAS KOMITMEN MAJUKAN BIDANG PENDIDIKAN

detakbanten.comJAKARTA - Pemerintah pusat memberikan apresiasi bagi Pemprov Banten atas komitmen dalam memajukan bidang pendidikan. Penghargaan tersebut yaitu School and Madrasah Award (SaMA) diterima Pelaksana Gubernur (Plt) Banten H. Rano Karno dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah (S/M) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. yang diserahkan oleh Kepala Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendikbud RI , di Hotel Amaroosa Jakarta Selatan, kamis (27/11) di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BAN S/M bersama seluruh Badan Akreditasi Provinsi (BAP) S/M.

 

SaMa Award diberikan kepada pemerintah daerah yang telah berperan aktif mendukung pelaksanaan akreditasi sekolah dan madrasah di wilayahnya masing-masing. Selain Banten, kepala daerah yang menerima penghargaan yang sama yakni Jawa Timur Provinsi Gorontalo, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Aceh, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Tengah, dan DIY.

Penghargaan ini diberikan, karena selaku Plt Gubernur Banten Rano Karno dinilai sebagai penggagas dan pendorong kemajuan bidang pendidikan melalui pencapaian sejumlah prestasi baik segi pengalokasian anggaran untuk pendidikan maupun prestasi kemajuan pendidikan lain yang telah terintegrasi dengan program provinsi lainnya.

Pemprov Banten dalam hal ini Gubernur Banten dinilai telah memberikan banyak dukungan untuk proses akreditasi sekolah/masdrasah di wilayah Provinsi Banten, diantaranya dengan mengalokasikan dana APBD untuk membantu Badan Akreditas Provinsi (BAP) serta memberikan fasilitas kepada BAP untuk menunjang tugas sehari-hari.

Gubernur sendiri menyatakan akan terus memberikan dukungan dalam program-program pembangunannya terhadap proses akreditas sekolah dan madrasah di wilayah Provinsi Banten untuk melahirkan SDM Banten yang berkualitas dan handal, Menurut Rano Karno Award yang diberikan dapat dijadikan suport bagi program yang akan dijalankan.

Kepala Balitbang Kemendikbud, Furqon, yang dalam kesempatan tersebut menyerahkan penghargaan SaMa Award kepada para gubernur mewakili Mendikbud Anies Baswedan, mengatakan program pemberian penghargaan ini sangat baik sebagai apresiasi terhadap kepedulian dan dukungan pemda yang gencar meningkatkan mutu pendidikan melalui akreditasi. Terutama mengingat persaingan global di depan mata yang menuntut kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk bersaing.

"Kita tidak bisa hanya terus berada di belakang mereka, kita sepakat untuk maju cepat dan mampu mengejar ketertinggalan," katanya.

Dalam kesempatan itu, turut mendampingi Plt Gubernur Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Engkos Kosasih Samanhudi.