Plt Gubernur Banten Hadiri Rapat APPSI dengan Presiden RI di Istana Bogor

Plt Gubernur Banten Hadiri Rapat APPSI dengan Presiden RI di Istana Bogor

detakbanten.com BOGOR - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten H. Rano Karno didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten M. Yanuar menghadiri undangan Presiden Joko Widodo dalam agenda Rapat Kerja (Raker) dengan para Gubernur se-Indonesia yang tergabung dalam APPSI di Istana Bogor, Senin (24/11).

Dalam raker tersebut Presiden Joko Widodo mendengarkan masukan dari para Gubernur.

HMSP0732Para Gubernur memberikan masukan program dan kegiatan pembangunan di masing-masing daerah kepada Presiden. Acara diawali dengan pengantar ketua APPSI yang juga Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

Ketua APPSI menyampaikan Gubernur adalah wakil pemerintah pusat untuk menyelaraskan tugas-tugas di daerah. APPSI adalah wadah bagi para Gubernur untuk memberikan masukan kepada pemerintah pusat, baik langsung atau lewat Mendagri.

"Para Gubernur saat ini memegang dua tugas yaitu tugas otonomi daerah dan perpanjangan langsung pemerintah pusat. Rekomendasi-rekomendasi yang telah dibuat oleh APPSI salah satunya menyampaikan perlunya program-program yang lebih bermanfaat bagi rakyat," katanya.

Dibidang pemerintahan, Gubernur diharapkan lebih diberikan lagi wewenang untuk melakukan pengawasan langsung di daerah. Dalam hal pemberantasan korupsi, prosedur dan mekanisme pemeriksaan pengaturannya didasarkan pada asas praduga tak bersalah.

PresidenJoko Widodo pun menyampaikan harapan agar keinginan-keinginan dari provinsi disampaikan berkaitan dengan program-program yang ada.

 

 

Go to top